Cara Menghapus Akun Zoom yang Terhubung Dengan Facebook dan Gmail Di Laptop Atau PC

2 min read

Cara mudah menghapus akun zoom yang terkoneksi dengan Gmail

Matamu.NET – Di tengah pandemi covid-19 (virus corona) yang kita tidak tahu kapan wabah ini akan berakhir, Kita dituntut untuk mengerjakan berbagai macam cara agar aktivitas dapat berjalan walaupun aktivitas itu tidak berjalan seperti biasanya. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah pemamfaatan penggunaan aplikasi zoom cloud meeting.

Pemakaian aplikasi zoom tak dapat dipungkiri sebagai salah satu alternatif solusi untuk video conference tervaforit saat ini. Penggunaan zoom biasanya digunakan oleh peserta didik dengan guru, dosen dengan mahasiswa, pimpinan perusahaan dangan karyawan, seminar online (webinar) dan masih banyak kegiatan lainnya yang berbasis online.

Beberapa hal yang disukai dari zoom cloud meeting ini seperti, aplikasi ini mudah digunakan, untuk versi gratis dapat menampung peserta 100 peserta selama 40 menit dalam satu kali pertemuan untuk pembuat room (host). Selain itu Anda dapat menginstall zoom ini baik di laptop atau PC maupun di perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Aplikasi ini juga mempunyai ukuran yang lumayan kecil sehingga tidak terlalu membutuhkan kapasitas ruang yang besar untuk penginstallannya.

Dalam membuat sebuah meeting room, dimana Anda sebagai host atau (pembuat room) maka Anda harus membuat akun zoom. Ada 4 (empat) cara untuk mendaftar akun zoom yaitu dengan sign up free, sign in with SSO, Sign in with google (gmail) dan sign in with facebook.

Apabila suatu saat nanti Anda tidak ingin lagi menggunakan dengan berbagai alasan, Boleh jadi Anda akan meng-uninstall aplikasi zoom dan menghapus akun zoom dan akun zoom yang terhubung dengan gmail atau facebook di PC atau Laptop. Nah, buat Anda yang ingin menghapus akun zoom dan menghapus akun zoom yang terhubung dengan google mail (gmail) dan facebook berikut panduaannya.

Cara Menghapus Akun Zoom Di Laptop atau PC

  1. Buka aplikasi zoom yang ada dilaptop atau PC Anda
  2. Silahkan masukkan Email dan password kemudian pilih Sign In
  3. Pilih dan klik Pengaturan diside kanan atas (1) lalu pilih Profile (2) kemudian pilih Edit My Profile (3)
  4. Anda kemudian akan diarahkan menuju website zoom
  5. Setelah berada didalam profil akun zoom, silahkan pilih Account Manager (1) lalu pilih Account Profile (2) dan terakhir pilih Terminate My Account (3)
  6. Anda akan mendapatkan pemberitahuan konfirmasi penghapusan akun.
  7. Silahkan pilih Yes maka Anda telah berhasil melakukan penghapusan akun zoom secara permanen.

Cara Menghapus Akun Zoom Di Laptop atau PC Yang Terhubung Dengan Facebook

  1. Buka salah satu web browser misalkan google crome
  2. Buka website facebook kemudian login dan buka akun facebook Anda
  3. Di pojok kanan atas klik icon segitiga terbalik (1) kemudian pilih Pengaturan (2)
  4. Langkah selanjutnya pilih aplikasi dan situs web (1) kemudian beri tanda centang untuk zoom.us (2) kemudian pilih hapus (3)
  5. Anda akan mendapatkan konfirmasi pemberitahuan penghapusan akun
  6. Beri tanda centang Hapus postingan, video, atau acara yang diposting zoom.us di linimasa Anda lalu pilih Yes untuk menghapus akun zoom yang terhubung dengan facebook.
  7. Dengan selesainya tahap ini, akun zoom tidak terhubung lagi dengan akun facebook Anda.

Cara Menghapus Akun Zoom Di Laptop atau PC Yang Terhubung Dengan Google Mail (Gmail)

  1. Buka web browser kemudian buka website google mail
  2. Login dan buka Akun Email Anda
  3. Setelah berada dalam email anda, Klik Akun Profil yang ada di side kanan atas (1) lalu pilih Kelola Akun Google Anda (Manage Your Account Google) (2)
  4. Tahap selanjutnya pilih Keamanan (1) lalu pilih kelola akses pihak ketiga (2)
  5. Berikutnya klik icon atau tulisan zoom (1) lalu pilih hapus akses (2)
  6. Konfirmasi pemberitahuan penghapusan akun akan muncul Anda tinggal memilih oke maka akun zoom tidak akan lagi terhubung dengan google mail (gmail).

Catatan:

Untuk pengguna gratis akun zoom dapat dihapus kapan pun Anda mau
Untuk pengguna atau pemakai zoom yang berbayar atau berlisensi, maka Anda harus membatalkan langganan atau berhenti berlangganan kemudian Anda akan dapat menghapus akun zoom

Apabila Anda hanya sebagai peserta meeting room, Anda dapat menggunakan zoom tanpa harus menggunakan akun zoom. Apabila ingin ikut dalam sebuah meeting, Anda hanya perlu password dan ID meeting dari host atau pembuat room.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *