Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Cara Mengatasi Blue Screen di PC dan Laptop OS Windows

1 min read

Matamu.Net – Salah satu masalah yang sering terjadi pada PC atau laptop yang menggunakan Windows XP, Windows 7, Windows 8 atau 8.1, sampai dengan Windows 10 adalah munculnya blue screen pada tampilan layar.

Kendati demikian, apabila hal tersebut terjadi maka secara tidak langsung membuat PC atau laptop eror lantaran terdapat masalah pada perangkatnya. Munculnya blue screen menandakan adanya kerusakan pada perangkat, baik itu software maupun hardware.

Penyebab dari blue screen sendiri tak jarang disebabkan karena adanya kesalahan saat penginstalan sehingga membuat laptop error atau biasa disebut sebagai Windows crash.

Cara Mengatasi Blue Screen di PC dan Laptop OS Windows

Apabila hal tersebut terjadi semua yang dilakukan di laptop dan belum di save maka datanya secara otomatis akan hilang. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan blue screen pada PC atau laptop maka ada beberapa cara atau trik yang dapat dilakukan seperti berikut ini.

1. Force Restart 

Trik atau cara pertama adalah mematikan laptop terlebih dahulu dengan menekan tombol Power selama beberapa detik sampai terdengar bunyi. Setelah itu, nyalakan kembali laptop dan akan muncul beberapa pilihan masuk misalnya Safe Mode, Safe Mode with Networking, Safe Mode with Command Prompt dan Start Windows Normally. Selanjutnya pilih Start Windows Normally dan Windows akan kembali berjalan seperti biasanya alias normal.

2. Safe Mode

Trik atau cara kedua yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan Boot ke Safe Mode. Cara kedua ini hampir sama dengan cara pertama akan tetapi masuk dengan cara Safe Mode, tidak melalui Start Windows Normally. Apabila menggunakan Safe Mode maka yang diamankan oleh Windows hanyalah dta driver yang berharga saja.

Perlu diketahui juga bahwa cara kedua ini dapat digunakan apabila salah dalam melakukan penginstalan driver yang menyebabkan munculnya blue screen. Safe Mode juga dapat digunakan untuk melakukan un-install driver.

3. Scane Malware

Trik atau cara ketiga yaitu dengan cara meng-scan malware atau virus.
Hal ini dapat dilakukan apabila laptop diserang oleh virus yang dapat menembus system kernel PC atau laptop. Jika terjadi seperti itu maka akan membuat system operasi menjadi tidak stabil. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan antivirus yang kuat untuk melawan virus tersebut.

4. Memanfaatkan System Restore.

Fungsi dari System Restore yaitu digunakan untuk mengembalikan kondisi PC atau laptop seperti sebelum sebuah program tertentu dijalankan. Namun, apabila blue screen masih muncul setelah dilakukan System Restore maka kemungkinan besar yang mengalami kerusakan adalah pada bagian hardware PC atau laptop itu sendiri.

5. Instal Ulang Windows

Trik atau cara kelima ini merupakan cara yang paling mutahir dilakukan apalagi kalau bukan menginstall ulang Windows pada PC atau laptop dengan memakai driver Windows sehingga semuanya akan berjalan dan kembali seperti semula. Menginstall ulang Windows harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai windows yang di install ulang justru membuat kerusakan PC atau laptop semakin parah.

Itulah lima cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi blue screen pada PC atau laptop dengan mudah dan sederhana. Selalu pastikan bahwa yang mengalami kerusakan bukanlah komponen hardware melainkan hanya pada driver software saja. Apabila kerusakan terjadi pada hardware maka sebaiknya bawa ke tempat service atau ahlinya.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Kenali Jenis-Jenis Blue Screen – Penyebab dan Cara Memperbaiki…

Matamu.Net – Blue Screen adalah masalah yang terjadi pada perangkat Windows dimana system akan masuk ke layar sejenis CMD tapi berwarna Biru. Layar tersebut...
Ananda Dwi Putri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *