Cara Membuat Daftar Pilihan Dropdown List dengan Validation Data di Spreadsheet Google

1 min read

Google Spreadsheet Menu Dropdwon List dan Tabulasi Data

Matamu.NET – Spreadsheet Milik google adalah aplikasi yang menyerupai Excel di Microsoft Office. Salah satu menu andalan yang digunakan untuk mengisi kolom dengan daftar isian adalah menu Data Validation. Tujuannya untuk menghindari kesalahan ataupun perbedaan penulisan nama jika daftar terlalu banyak.

Apa Itu Dropdown List?

Dropdown List adalah fitur yang digunakan untuk mengisi kolom di Spreadsheet dengan list yang sudah disebut sebelumnya. Tujuannya agar isi dari list tersebut standar.

Gampangnya milsanya, kita ingin membuat daftar nama Dosen yang berulang pada satu kolom di Excel, dibanding hasur mengentik ulang nama Dosen yang bisa berakibat pada Typo, maka sebaiknya daftar dosen tersebut dibuat dalam List yang selanjutnya kolom tersebut hanya diisi dengan cara memilih dari list yang sudah ada.

Menu ini juga terdapat di Spreadsheet yang diberikan melalui fitur Data Validation. Adapaun langkahnya sebagai berikut :

1. Buatlah Daftar Isi Menu Dropdown yang dinginkan di kolom lain, jika tidak mau menggangu sebaikny apilih Sheet lain.

2. Blok kolom yang akan menggunakan fasilitas Dropdown, kemudian klik kanan.

3. Scroll sampai ke bagian bawah hingga ketemu dengan fitur Validation Data. Kemudian pilih fitur tersebut.

Menu Data Validation

4. Setelah itu akan muncul Kotak Dialog, lalu pilih yang ada di tanda panah Merah.

Kotak Dialog Menu Spreadsheet di Excel

5. Pilih Sumber Kolom yang akan dijadikan sebagai daftar isian. Kolomnya bisa diblok dengan kursor.

Data Spreadsheet Google Validation

6. Setelah kembali ke kotak Dialog di langkah 4, silahkan simpan. Kolom Sudah siap dengan menu Dropdwon.

Jika langkah ini berhasil di kolom yang sudah mengaplikasikan Dropdown list akan muncul simbil segitiga terbalik di ujung kotak. Mengisi kolom tersebut cukup dengan mengklik segitiga terbalik tersebut.

Catatan

  1. Tampilkan Peringatan ini akan membuat kolom penunjukkan pringatan jika kolom diisi diluar dari daftar yang sudah ada, jika dipilih tolak masukan maka yang masukkan tidak akan bisa dilakukan jika dilaur dari daftar yang suadh dibuat.

Akhir Kata

Keunggulan dari penggunaan Spreadsheet ini adalah Dokumen yang dibuat bisa diedit bersama melalui Clod Server Google, jadi dapat emnghindari penumpukan dokumen hasil editan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *