Cara Aman buat Meeting Zoom Sebagai Host dan Anti Pencurian Data

1 min read

Apakah Zoom Meeting Aman digunakan?

Matamu.NET – Aplikasi Zoom metting adalah salah satu aplikasi yang banyak membantu di tengah masa pandemic ini. Tidak hanya bagi para pelajar yang ingin melakukan pembelajaran Syncronous, Zoom juga sangat bermanfaat digunakan dalam rapat dan meeting kerja baik instansi swasta dan pemerintah.

Ditengah popularitasnya, Zoom diterpa isu miring tentang keamanan data dan Privacy pengguna yang bcoor di publik. Padahal sejatinya zoom sudah memberikan layanan keamanan dengan sistem ter-encript-si. Di sisi awal website saja Zoom menggunaka Sertifikat encrypt dari DigiCert SHA2 Secure Server CA yang trusted.

Baca Juga : Cara Buat Meeting Zoom di HP

Namun kelalaian pengguna terkadang memberikan celah bagi para hacker atau orang iseng pencuri data. Pada umumnya kasus pencurian data terjadi dalam bentuk Security Flaw yang disebabkan oleh eksalahan penggunanya bukan kesalahan sistem dari zoom.

Untuk menghidari kesalahn tersebut berikut ini 10 langkah antisipasi yang sepel tapi sangat berguna bagi data pribadi kamu selama rapat di zoom meeting.

1. Disable menu Join before Host

Salah satu menu zoom yang terkadang menjadi celah bagi user adalah memberikan izin join before host. Menu ini akan memberikan kesempatan partisipan untuk bisa join sebelum host memulai rapat.

Nah jika terjadi keselahan misalnya Host terpaksa keluar karena jaringan jelek, Zoom akan otomatis memindahkan host ke salah satu peserta yang ada, apalagi jika Host tidak menunjuk co-host. Kalau sudah diambil oleh orang lain maka room tersebut bisa dimanfaatkan oleh yang posisinya terpilh jadi Host.

Agar menu ini dinon-aktifkan silahkan masuk ke Web Portal Zoom lalu login dan secara otomatis kamu akan menjadi Administrator. Masuk Menu

Account Management > Account Settings

Setelah itu pilih Tab Meeting, lalu jangan centang menu Join Before Host.

2. Jangan Gunakan Personal ID Meeting

Pada saat subscribe account zoom maka kamu akan mendapatkan personal Meeting ID yang bisa dirubah menjadi nama. Misalnya BPN Kota Makassar, ID ini bisa ditampilkna sebagai ID meeting tapi bisa dnegan mudah ditebak oleh orang lain yang mungkin saja kamu tidak undang.

Gunakankanlah Id meeting acak sehingga suilit untuk menebak ID meeting rapat tersebut. Lalu bagikanlah undangan tanpa Link sehingga partisipan yang brgabung yang hanya mengetahui ID meeting dan Passwordnya.

Cara mengatur ID meeting bisa dilakukan dengan masuk ke Profil, Lalu pilih menu Edit pada pErsonal Meetng ID, kemudian hilangkan tanda centang pada menu “Use Personal Meeting ID for Instan Meetings”

Cara edit Meeting ID di zoom

3. Only Authenticated Users can join Meetings

Aktifkan menu Only Authenticated Users can join Meetings yang tujuannya adalah memoderasi peserta yang ingin join di meeting tersebut. Jadi peserta yang baru join akan ditempattkan di Waiting Room sebelum masuk ke Rapat. Hanya Host dan Co Host yang bisa mengkonfirmasi peserta adalah undangan atau bukan.

4. Use Password

Selalu mulai dengan meeting yang disertai dengan password. Password akan mencegah orang asing yang tidak undang masuk ke dalam meeting. Hampir sama dengan Saran nomor 2, jika bisa gunakanlah password yang sulti ditebak seperti kombinasi huru dan angka secara acak.

Hindari penggunaan password yang diambil dari frasa yang ada hubungannya dengan instanasi dan department anda bekerja, meskipun itu terdengar keren. Misalnya saja Sunyi, Cepat, Tetap. Password ini akan mudah ditebak karena erat kaitannya dengan meeting tersebut.

5. Update Aplikasi Zoom

Pembaharuan yang dilakukan oleh developer adalah upay amenjaga kualitas layanan yang diberikan. Salah satunya adalah keamanan. Zoom edisi terbaru tentu saja jauh lebih aman dari zoom edisi sebelumnya, oleh karena itu jangan sungkan sungkan untuk update aplikasi zoom anda. Karena layanan Update zoom juga gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *