Belajar Fotografi – Genre Foto Model

1 min read

Foto Model Hijab dengan Pose dan Gesture simple

Matamu.NET – Fotografi model adalah genre foto yang secara umum banyak di gunakan pada bidang komersial baik langsung seperti Industri Fashion dan Majalah. Model ini disebut sebagai talent akan akan berpose di depan seorang fotografer dengan tujuan yang spesifik seperti memperkenalkan produk atau menarik perhatian pada pengunjung majalah.

Fotografer modelling juga merujuk pada kegiatan yang dilakukan oleh seorang fotografer untuk menambah jam terbang mereka dengan membayar model untuk berpose di depan mereka. Tujuan dari hasil foto ini kemudian dijadikan sebagai portofolio pribadi dari fotografer. Di Indonesia kebanyakan fotografer amatir dan pemula akan membentuk komunitas dan membuat acara “hunting bareng foto model” agar bajet menyewa modelnya jadi lebih murah.

Dalam hal ini proses pemotretan foto model akan melibatkan tiga aspek yakni Fotografer, Model dan Properti. Properti yang dimaksud juga minimal melibatkan tiga unsur yakni lokasi pemotretan, background dan wardrdobe, ditambah pelengkap Properti yang memberikan aksen pada konsep yang ditanamkan ke sesi pemotretatn model

Orientalis Foto Model Konsep sederhana dengan balon

Karena foto model sangat erat kaitannya dengan fotografi komersial dan industri fashion, maka ada tiga hal yang harus selalu dipegang oleh seorang model profesional.

  1. Selalu datang tepat waktu agar mood fotografer dan crew pemotretan tidak rusak.
  2. bantualh fotografer dengan mendengarkan instruksi yang diberikan fotografer.
  3. Jika kamu adalah seorang foto model yang dibayar untuk sesi pemotretan maka kamu harus tekankan pada diri kamu jika kamu adalah bagian terpenting dari sesi pemotretan ini. Kegagalan dalam berpose dan menunjukkan mood foto akan membuat seluruh sesi foto berantakan, sedangkan kesalahan crew dapat digantikan dengan crew lainnya, tapi model-nya tidak.
Moody Low Key Foto Konsep Indoor dengan satu Lampu

Menjadi Seorang Model

Jika kamu memiliki niat jadi seorang model namun belum memiliki pengalaman, maka hal yang harus kamu lakukan adalah perbanyaka belajar tentang dunia model dan mulailah berpose di depan cermin. Setelah memiliki percaya diri yang cukup, mulailah berpose di depan kamera.

Terdapat tiga mekanisme agar kamu bisa menjadi seorang model, yakni :

  1. Mendaftar pada agency model yang biasanya akan membebankan kamu biaya latihan berpose.
  2. Membayar fotografer untuk memomtret kamu
  3. Mengajak teman yang memiliki minat di dunia foto modelling dengan skema kesamaan kebutuhan. Si fotografer butuh portofolio dna kamu butuh latihan posing, jadi bisa sama-sama gratis.

Buat kalian yang ingin belajar berpose dan berlokasi di sekitar wilayah Makassar, Gowa dan Maros. Matamu.NET memiliki komunitas fotografer kecil yang bisa diajak hunting untuk point nomor 3. Jika berniat yuk hubungi kami di email ahmadzargon@gmail.com atau dm ke instagram @ahmadzargon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *