Author: Ahmad Dahlan

  • Pengertian dan Jenis Fotografi Komersial

    Pengertian dan Jenis Fotografi Komersial

    Matamu.Net – Dalam dunia fotografi, fotografi bukan hanya sekedar memotret dan memenuhi kebutuhan hobi saja. Akan tetapi, dengan bergelut pada bidang fotografi seseorang juga dapat memperoleh pundi-pundi rupiah apabila mampu menghasilkan karya dan hasil foto yang bagus dan menarik.

    Perlu diketahui juga bahwa saat ini fotografer sudah termasuk ke dalam jenis pekerjaan yang statusnya sama dengan pekerjaan populer lainnya seperti dokter, dosen, pengacara, dan masih banyak lagi yang dilihat dari segi pendapatan.

    Kendati demikian, untuk menjadi seorang fotografer yang handal dan professional maka orang tersebut harus punya profit yang tinggi dengan cara memasuki dunia fotografi komersial atau periklanan.

    Pengertian Fotografi Komersial

    Fotografi komersial merupakan fotografi yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah karya komersial misalnya iklan produk, poster, dan lain sebagainya. Untuk menghasilkan foto yang bagus tak jarang fotografi komersial dibantu oleh pengarah style dari pihak perusahaan. Walaupun demikian, seorang fotografer harus mampu berkomunikasi dengan bagikdengan pengarah style agar konsep yang diinginkan dapat tercapai dengan baik dan sesuai dengan tujuan.

    Bagi seorang fotografer professional, bidang fotografi professional merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan untuk digeluti. Oleh karena itu, banyak fotografer professional yang akhirnya membuka jasa fotografi komersial dengan tujuan untuk mempromosikan suatu barang atau produk.

    Bidang fotografi komersial diketahui sangatlah berbeda dengan bidang fotografi biasa. Fotografi biasa pada umumnya memnafaatkan momen secara natural yang kemudian diabadikan melalui lensa kamera. Sementara itu, untuk fotografi komersial lebih terkonsep dan tersusun rapi.

    Belakangan ini kebutuhan akan jasa dari fotografi komersial jumlahnya semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak perusahaan yang produknya dipasarkan dengan tampilan yang menarik. Akan tetapi, untuk menjadi seroang fotografer handal dibidang fotografi komersial diperlukan beberapa penguasaan terkait dengan teknik fotografi agar foto yang dihasilkan memuaskan.

    Hal utama dan pertama yang perlu diketahui adalah seorang fotografer harus memahami yang namanya ‘safety’. Safety memiliki arti yang berkaitan dengan perangkat fotografi yang harus dimiliki mulai dari kamera, lensa, spotlight, dan peralatan lainnya yang mendukung fotografi.

    A. Tujuan fotografi komersial

    Adapun tujuan dari fotografi komersial yaitu apa lagi kalau bukan untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu produk, merek, maupun individu melalui fotografi. Tak hanya itu saja, fotografi komersial digunakan pada brosur, katalog, sampai dengan media lainnya untuk memasarkan produk tertentu.

    Dengan adanya fotografi komersial maka penyampaian esensi dari suatu produk dapat tersampaikan dalam bentuk gambar yang lebih manarik dan tidak membosankan. Dengan adanya gambar tersebut maka produk yang dipasarkan terlihat dengan jelas ciri-ciri khas yang dimiliki.

    B. Teknik fotografi komersial

    Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk menghasilkan fotografi komersial yang manarik dan bagus. Hal tersebut adalah seorang fotografer harus memahami dan memperhitungkan semua komposisi maupun pencahayaan.

    Perlu diketahui juga bahwa dalam fotografi pencahayaan sangat penting untuk menunjang hasil foto yang bagus. Selain itu, strategi pemilihan warna juga sangat berpengaruh dan variasi foto dengan menggunakan teknologi seperti memakai efek asap, gerakan cepat, ataupun slow motion. Itulah beberapa teknik yang dapat digunakan dalam sebuah fotografi komersial.

    Jenis-jenis fotografi komersial

    Sementara itu, terdapat pula beberapa jenis fotografi komersial. Penasaran apa saja yang termasuk kedalam jenis fotografi komersial? Berikut ulasan lengkapnya.

    1. Fotografi Advertising

    Fotografi advertising atau biasa disebut sebagai fotografi periklanan merupakan fotografi yang berisi tentang menghadirkan lingkungan yang tepat untuk memperkenalkan sebuah produk dalam sebuah iklan melalui cara yang unggul. Fotografi jenis ini biasanya digunakan untuk menilik sebuah produk, merek, layanan atau individu pada media cetak maupun digital.

    Lantaran jenis fotografi komersial ini berperan penting dalam sebuah periklanan maka hasil foto yang dibutuhkan harus unik dan eye-catching. Dengan begitu seorang fotografer dapat memanfaatkan jenis fotografi seperti fotografi makro maupun glamor.

    Fotografi periklanan prfoseional pada umumnya tidak bekerja sendiri. Mereka biasanya akan membentu tim besar yang teridiri dari Art Director, produsen, fotografer, sampai dengan stylish.

    Fotografi Advertising rambut pirang seksi dan masni model Nike

    2. Fotografi Aerial

    Jenis fotografi ini dikenal juga dengan sebutan fotografi udara. Mengapa demikian? Seperti yang kita ketahui bahwa Aerial memiliki arti udara. Itu berarti fotografi aerial merupakan pengambilan gambar yang dilakukan dari udara baik itu menggunakan pesawat, helicopter, parasu, helicam (pesawat tanpa awak), maupun menggunakan drone.

    Tujuan dari fotografi aerial adalah untuk menghasilkan foto yang didapatkan dari sudut pandang yang lebuh spektakuler dan berbeda. Konsep dari fotografi aerial ini memanfaatkan konsep seperti focal length, peta indeks, sampai dengan stereoskopis.

    Dalam fotografi aerial seorang fotografer dituntut mampu untuk memiliki kamampuan yang lebih dibandingkan dengan fotografer yang bekerja di darat. Karena dalam mengambil gambar melalui udara lebih sulit dan menantang.

    Bukan hanya sekedar mengambil gambar saja. Akan tetapi, fotografer juga harus memperhatikan pencahayaan, sudut pandang atau angle, serta perpindahan kamera sehingga menghasilkan gambar yang terlihat indah dan keren.

    Fotografi Aerial lansdcape keren dari udara

    3. Fotografi Arsitektur dan Interior

    Fotografi arsitektur atau fotografi bangun adalah sebuah fotografi yang bukan hanya meperlihatkan kepentingan dokumentasi semata, tapi juga menampilkan yang namanya estetika yang berkaitan dengan arsitektural, seni, ekspresi, komunikasi, imaginasi, etika, abstraksi, emosi, realita, drama, harmoni, kejujuran, sampai dengan dimensi yang disampaikan secara tersirat.

    Jenis dari fotografi arsitektur terbagi menjadi tiga bagian yaitu eksterior, interior, dan juga detail dari arsitektur. Yang menjadi fokus dari fotografi arsitektur adalah mengambil gambar mulai dari struktur, interior rumah, bangunan, restoran, sampai dengan ruangan.

    Untuk eksterior, fotografi difokuskan pada bagian luar. Sementara itu, untuk interior suatu ruangan fotografer harus memiliki teknik keahlian, kreativitas, dan pastinya pencahayaan dalam mengabadikan sebuah momen. Fotografi jenis ini biasanya digunakan untuk mempromosikan rumah, hotel, villa, restoran, dan bangunan lainnya.

    Fotografi Arsitektur dan Interior jasa profesional

    4. Fotografi Makanan

    Fotografi makanan adalah jenis fotografi yang menggunakan makanan sebagai objek dalam pemotretan. Fotografi yang satu ini dikategorikan sebagai jenis fotografi komersial yang khusus. Apalagi belakangan ini industri makanan perkembangannya sangat pesat. Oleh karena itu, seiring dengan berkembangnya teknologi sebagian besar pemilik usaha makanan memanfaatkan teknologi fotografi untuk mempromosikan makanan mereka di publik.

    Tak sedikit fotografer yang akhirnya berfokus pada jenis fotografi makanan lantaran kebutuhan fotografer pada industri makanan semakin tahun semakin meningkat. Tujuan dari adanya fotografi makanan adalah untuk mengabadikan berbagai macam bentuk dari makanan yang diatur dan dikonsep sedemikian rupa agar menghasilkan gambar yang kaya akan makna dan tentunya kelezatan dari makanan yang terlihat melalui gambar.

    JAsa profesional Food Fotografi dan makanan

    5. Fotografi Olahraga

    Fotografi olahraga berbeda dari jenis fotografi komersial lainnya. Hal tersebut dikarenakan dalam fotografi jenis ini seorang fotografer harus cermat pada saat membidik kamera. Tak jarang momen penting dalam sebuah olahraga kejadiannya sangat cepat sehingga kecepatan membidik sangat diperlukan dalam fotografi olahraga. Kendati demikian, fotografi olahraga merupakan jenis fotografi yang mencakup semua jenis olahraga.

    Tujuan dari fotografi olahraga adalah untuk mendokumentasikan berbagai kejadian-kejadian penting yang layak untuk diabadikan dalam dunia olahraga. Hasil foto dari fotografi olahraga ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah berita olahraga maupun berita yang terkait dengan atlet.

    Fotografi Sport olahraga Volley Pantai pakai Bikini mulus dan seksi

    6. Fotografi Perhiasan

    Fotografi perhiasan biasanya digunakan untuk mempromosikan sebuah perhiasan melalui brosur, media sosial, maupun iklan digital. Fotografi jenis ini sangat penting digunakan untuk menunjukkan aspek keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh produk misalnya pada cincin, kalung, anting-anting, gelang, dan perhiasan lainnya.

    Fotografi keren perhiasan cincin dan kalung

    Itulah sejumlah informasi yang terkait dengan fotografi komersial mulai dari pengertian, tujuan, teknik, sampai dengan jenis dari fotografi komersial. Semoga informasi tersebut dapat membantu kalian memahami maksud dari fotografi komersial.

  • Fotografi Makanan – Tips Menghasilkan Foto Makanan Keren

    Matamu.Net – Belakangan ini sangat banyak orang yang suka memposting foto makanan di media sosial mereka. Ada yang dengan sengaja ingin memperkenalkan makanan yang dibuat dan adapula yang mempostingnya dengan alasan karena hobi.

    Kendati demikian, hal tersebut bukanlah sesuatu yang lumrah lagi dilakukan apalagi dengan tujuan yang positif dan memberikan inspirasi bagi orang-orang. Dengan tampilan yang bagus maka secara tidak langsung orang akan tertarik. Untuk menghasilkan foto yang bagus maka dibutuhkan fotografi yang bagus pula.

    Oleh karena itu, muncullah istilah fotografi makanan. Fotografi makanan sendiri memiliki arti dimana salah satu jenis fotografi yang objok fotonya adalah makanan. Perlu diketahui juga bahwa fotografi makanan bisa dikatakan sebagai salah satu jenis fotografi yang paling menarik dan menantang untuk dilakukan.

    Bagaimana tidak, sama seperti lukisan yang dimulai dari sebuah kanvas yang ksong hingga akhirnya menjadi lukisan yang memiliki makna yang mendalam. Begitu pun fotografi laisan demi lapisan disusun secara sempurna hingga akhirnya mencapai suatu keseimbangan antara kenyataan dan seni.

    Food Photography keren dengan komposisi keren dalam foto makanan

    Fotografi makanan merupakan jenis fotografi yang sangat sulit untuk dilakukan. Hal tersebut juga diakui oleh sebagian besar fotografer yang tak jarang dibuat pusing ketika akan melakukan fotografi makanan.

    Untuk menghasilkan fotografi makanan yang keren dan menarik maka seorang fotografer harus terlebih dahulu menyusun konsep dasar pemotretan. Selain itu, objek yang dipotret pun harus tetap terlihat segar dan natural.

    Kendati demikian, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghasilkan fotografi makanan yang keren dan tidak membosankan bagi pecinta fotografi. Berikut tipsnya:

    1. Hidangkan makanan dengan porsi yang sedikit

    Tips pertama yang harus diperhatikan adalah porsi makanan yang dihidangkan sebaiknya sedikit. Dalam dunia fotografi makanan porsi penuh sangat dihindari lantaran semakin sedikit porsi makanan yang ditampilkan maka hasil foto yang dihasilkan semakin bagus. Dengan menampilkan porsi makanan yang sedikit secara tidak langsung justru akan menarik perhatian dan orang-orang akan penasaran dengan makanan tersebut.

    Bukan hanya itu saja, porsi makanan yang sedikit diketahui akan memberikan kesan menarik dari makanan. Dengan begitu, bagi yang melihat gambar tersebut akan lebih leluasa melihat secara detail objek-objek yang ditampilkan pada gambar. Karena semakin banyak komponen yang ditampilkan maka foto makanan justru akan terlihat semakin rumit dan tidak jelas. Oleh karenanya tetap pertahankan yang namanya kesederhanaan pada makanan.

    Cara membuat Foto keren dengan food Photography

    2. Foto makanan selagi masih panas

    Ternyata untuk memotret makanan ada batas waktu yang harus ditentukan. Hal tersebut bertujuan agar foto yang dihasilkan memberikan kesan dan makna yang mendalam. Oleh karena itu, selalu manfaatkan waktu sebaik mungkin dalam memotret makanan. Untuk menghasilkan foto keren maka selagi makanan masih panas maka pada saat itu juga momen yang tepat untuk memotretnya.

    Kendati demikian, sebelum makanan datang fotografer terlebih dahulu mempersiapkan alat atau elemen pendukung foto. Sehingga nantinya akan mendapatkan hasil foto yang maksimal dan memuaskan. Tips tambahan yang dapat dilakukan adalah ketika latar belakang dan pcahayaan tidak mendukung maka gunakan cahaya tambahan untuk memberikan penerangan pada objek yang akan difoto.

    Food Photography steak panas keren

    3. Gunakan cahaya alami (matikan flash pada kamera)

    Menggunakan flash pada saat memotret makanan akan memberikan efek yang kurang bagus. Apalagi ketika memotret makanan yang masih panas dan memberikan cahaya dalam jumlah yang besar akan memberikan efek yang kurang bagus.

    Oleh karena itu, matikan flash pada kamera khusus untuk pengambilan gambar makanan. Salah satu efek menggunakan flash kamera ketika memotret makanan adalah membuat makanan terlihat berminyak, bayangan makanan yang dihasilkan juga terlihat aneh, dan masih banyak lagi hal-hal mengganggu lainnya.

    Perlu diingat bahwa foto makanan yang bagus dan keren dihasilkan dari hasil memotret dengan menggunakan pencahayaan yang lembut alias memnafaatkan cahaya alami yang dihasilkan dari lingkungan.

    4. Gunakan tripod

    Tripod merupakan sebuah alata yang biasa digunakan untuk membantu fotografer ketika akan melakukan fotografi termasuk fotografi makanan. Kegunaan dari tripod adalah membantu menjaga kamera agar tidak goyang (stabil) ketika melakukan pemotretan.

    Secara tidak langsung dengan adanya tripod dapat mempermudah seorang fotografer saat melakukan fotografi makanan. Sehingga sang fotografer dapat dengan mudah mengatur gaya hidangan yang diinginkan tanpa ribet memegang kamera.


    5. Warna memengaruhi hasil foto

    Seperti yang kita ketahui bahwa warna yang berlebihan akan memberikan kesan yang mencolok pada foto. Akan tetapi, bukan berarti sang fotografer tidak mendapatkan gambar yang bagus, justru kita bisa memanfaatkan warna-warna yang sudah ada.

    Dengan adanya kombinasi dari berbagai macam warna yang dinilai cocok dan sesuai maka secara tidak langsung akan memberikan efek hasil foto yang bagus. Oleh karena itu, sangat penting diperlihatikan setiap komponen yang ada pada makanan yang akan dipotret. Serta tambahkan hiasan atau komponen lain yang diperlukan agar hasil foto makanan terlihat bagus.

    Untuk menghasilkan fotografi makanan sebagai tambahan pengaturan dengan menggunakan komposisi yang tepat sangat diperlukan agar memberikan efek dan kesan daya tarik pada makanan. Oleh karenanya, gunakan kombinasi yang sesuai dengan makanan agar lebih natural.

    6. Pencahayaan

    Dalam fotografi pencahayaan sangat berperan penting dalam mneghasilkan gambar yang bagus. Bisa dikatakan bahwa raja dari fotografi adalah cahaya. Bagaimana tidak, apabila cahaya tidak mendukung makan hasil foot juga akan terlihat kurang bagus. Namun, pencahayaan yang berlebihan pun juga tidak baik. Makanya diperlukan sebuah alat yang dapat mengatur cahaya agar kualitas dari fotografi makanan terlihat keren.

    Cahaya merupakan sesuatu yang sangat penting lantaran cahaya tersebut yang memberikan atmosfer kehidupan pada foto. Maka dari itu, pastikan cahaya harus sesuai, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit sehingga orang-orang yang melihat foto makanan yang dipotret tidak bosan. Apabila menggunakan cahaya langsung dari sinar matahari maka sebaiknya gunakan diffusor untuk menambah kualitas cahaya yang telah ada.

    Fotografi Food Photography untuk Soto dengan pencahyaan Alami


    7. Gunakan Angle yang berbeda-beda

    Saat ini sangat banyak foto makanan yang menggunakan angle atau sudut foto yang sama. Meski begitu, hal tersebut merupakan sesuatu yang cukup berjalan dengan baik. Akan tetapi, menggunakan angle yang berbeda-beda justru membuat foto makanan terlihat semakin menarik dibandingkan dengan hanya menggunakan satu angle saja.

    Angle yang sangat populer digunakan adalah angle klasih, dimana memiliki arti sejauh mata memandang atau melihat lurus ke bawah dari atas. Walaupun angle klasik ini menarik, tapi sebaiknya tidak menggunakannya lantaran pengambilan gambar menggunakan angle seperti ini akan membuat kalian kehilangan elemen penting dari makanan yang dipotret.

    Justru sebaiknya gunakan semua angle yang ada disetiap area pemotretan sehingga hasil foto makanan terlihat lebih menarik dan menciptakan kualitas foto bagus. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa belum tentu konsep yang disusun sebelumnya secara matang dapat menghasilkan kualitas foto yang bagus. Manfaatkan sebaik mungkin semua angle agar menghasilkan foto-foto yang lebih menarik.

    8. Menampilkan kesederhaan

    Dalam fotografi makanan konsep yang telah direncanakan merupakan sesuatu yang sangat penting. Bagaimana tidak, tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu maka foto yang dihasilkan kemungkinan besar tidak menarik. Perencanaan yang matang dan tepat sangat dibutuhkan sebelum melakukan pemotretan.

    Fotografi makanan yang menarik, bagus, dan berkualitas adalah fotografi yang memperlihatkan kesederhaan pada makanan. Komponen yang ditampilkan pada foto sebaiknya tidak terlalu banyak agar fokus orang-orang yang melihatnya tidak terbagi-bagi dan hanya fokus dengan makanan.

    9. Perlihatkan bahan dasar makanan

    Untuk membuat fotografi makanan lebih bermakna maka lakukan tips ini yaitu dengan memperlihatkan bahan dasar dari makanan yang dipotret. Dengan begitu, yang melihat foto makanan tersebut semakin tertarik dan kesan foto terlihat menyegarkan mata.


    10. Foto sambil beraksi

    Maksud dari foto sambil beraksi ini adalah sebaiknya fotografer merekam momen penting pada saat penyaji makanan membuat makanan tersebut. Dengan adanya foto tersebut akan memberikan sebuah dampak yang luar biasa pada fotografi makanan.

    Itulah 10 tips agar menghasilkan fotografi makanan yang menarik dan bagus. Selain itu, dalam melakukan fotografi makanan sangat diperlukan sebuah kesabaran, pelatihan, semangat, serta ketekunan yang besar agar foto yang dihasilkan bagus. Usaha dan kerja keras tersebut pastinya akan menghasilkan sebuah foto yang memuaskan.

  • Sejarah Fotografi dan Penemuan Kamera Obscura

    Sejarah Fotografi dan Penemuan Kamera Obscura

    Matamu.Net – Fotografi memiliki arti yaitu sebuah proses maupun metode yang dilakukan untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan cara memanfaatkan pantulan cahaya pada sebuah media yang peka terhadap cahaya yang dipantulkan.

    Seperti yang kita ketahui bahwa alat atau media yang populer digunakan untuk mendeteksi cahaya adalah kamera. Apabila tidak ada cahaya, maka taka da foto atau gambar yang dapat dihasilkan.

    Sementara itu, hakikat dari fotografi adalah fokus terhadap cahaya melalui bantuan pembiasan cahaya sehingga bisa membakar medium penangkap cahaya. Apabila medium tersebut telah dibakar dengan skala luminitas cahaya yang sesuai maka secara tidak langsung akan menghasilkan bayangan yang identik dengan cahaya mellaui medium pembiasan. Hal tersebut kemudian disebut sebagai lensa.

    Kendati demikian, adapun alat yang digunakan untuk memperoleh gambar yang bagus adalah lightmeter. Dimana intensitas cahaya dapat diatur oleh seorang fotografer setelah ukuran pencahayaan yang sesuai telah didapatkan melalui lightmeter.

    Selanjutnya fotografer dapat mengubah kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), diafragma, serta kecepatan rana. Sementara itu, gabungan dari ISO, diafragma, maupun speed disebut sebagai pajanan atau exposure.

    Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini perkembangan fotografi berkembang pesat. Dulunya fotografi digital menggunakan film sekarang sudah berembang menjadi digital ISO. Bukan hanya itu, saja tak bisa dipungkiri bahwa fotografi sudah menjadi bagian dari gaya hidup orang masa kini. Hal tersebut bermulai ketika era digital muncul serta media sosial semakin berkembang pesat.

    Oleh karena itu, ada baiknya kita mengetahu sejarah dari munculnya fotografi. Mulai dari siapa yang pertama kali menemukan fotografi sampai dengan perkembangan fotografi dari masa ke masa. Berikut penjelasannya.

    Dalam sejarah secara resmi fotografi dipatenkan sebagai sebuah terobosan teknologi terbaru sejak abad ke-19 atau sekitar tahun 1839 silam. Saat itu, diketahui rekaman dua dimensi sudah dibuat secara permanen dan digunakan di Prancis.

    Mekanisme Kamera Pertama

    Sejarah fotografi bermula jauh sebelum tahun Masehi. Itu berarti sejarah fotografi bermula sejak sebelum Masehi. Kala itu, pada abad ke-5 Sebelum Masehi (SM) diketahui seorang pria bernama Mo Ti melakukan sebuah eksperimen dimana ia mengamati suatu gejala.

    Gejala tersebut adalah apabila pada dinding sebuah ruangan yang gelap memiliki lubang kecil atau pinhole, maka bisa dipastikan bahwa pada bagian dalam ruangan tersebut akan terefleksi bayangan secara terbalik melalui lubang kecil tersebut. Kendati demikian, karena hal tersebut Mo Ti menjadi orang pertama di dunia yang sadar akan adanya fenomena kamera obscura.

    Setelah Mo Ti berhasil menemukan fenomena kamera obscura, siapa sangka sangat banyak ilmuan yang kagum akan fenomena tersebut. Misalnya pada abad ke-3 SM Aristoteles diketahui mengembangkan penemuan dari Euclid.

    Penemuan tersebut Aristoteles kembangkan mulai dari membuat kamera obscura dengan menggunakan prinsip geometri sampai dengan melakukan sejumlah percobaan mellaui kamera obscura.

    Penemuan yang ditemukan oleh Aristoteles salah satunya adalah membuat lubang kecil dalam ruang gelap, lubang tersebut diketahui meneruskan cahaya yang masuk ke dalam ruangan namun terbalik. Selain itu, ukuran gambar yang dihasilkan pun lebih kecil apabila letaknya dekat dengan lubang serta lebih besar apabila letaknya jauh dari lubang.

    Karena hal tersebut, akhirnya gambar yang dihasilkan berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh Arsitoteles tidak jelas. Akan tetapi, Aristoteles gagal menemukan apa yang menyebabkan gambar yang dihasilkan tidak jelas. Oleh karena itu, pada tahun 965-1040 (10 SM) seorang fisikawan asal Arab bernama Ibnu Al Haitam (Al Hazen) berhasil menemukan masalah dari apa yang sebelumnya ditemukan oleh Aristoteles.

    Sejarah Penemuan KAmera Obscura pertama

    Kamera Pin Hole Pertama

    Ibnu Al Haitam (Al Hazen) mendapatkan solusi yaitu apabila ukuran lubang semakin kecil maka gambar yang dihasilkan justru akan semakin jelas. Meski begitu tingkat kecerahan dari gambar justru semakin berkurang.

    Ibnu Al Haitam kemudian membuat seuah lubang yang sangat kecil pada dinding sebuah ruangan yang intensitas cahanya sangat kurang atau gelap yang kemudian dikenal sebagai kamera pinhole pertama di dunia. Seperti yang kita ketahui bahwa saat itu sains masih sangat terbatas sehingga proses perekaman dari hasil gambar memakai gambar tangan manual.

    Selain mengembangkan kamera obscura tipe pinhole dengan seni, ilmuan Arab ini juga mengembangkannya untuk keperluan sains. Karena hasil penemuan dari Ibnu Al Haitam tersebutlah yang kemudian dijadikan acuan sebagai dasar pada abad ke-19 untuk mengembangkan kamera modern.

    Sementara itu, pada tahun 1558 Giambattista della Porta yang merupakan ilmuan asal Italia diketahui menyebutkan nama ‘camera obscura’ pada sebuah kotak yang saat itu digunkan untuk membantu seorang pelukis menangkap bayangan pada gambar. Pada tahun 1611 Johannes Kepler akhirnya menciptakan sebuah kamera obscura yang dibuat mirip seperti sebuah tenda.

    Metode Perekaman Gambar

    Kendati demikian, sejak awal abad ke-17 akhirnya berbagai macam penelitian dilakukan misalnya seorang ilmuan Italia bernama Angelo Sala yang melakukan penelitian dengan menggunakan cahaya matahari untuk mengabadikan serangkaian kata yang terdapat pada pelat chloride perak. Akan tetapi, percobaan yang dilakukan oleh Angelo Sala justru gagal, lantaran ia tidak mampu mempertahankan gambar tersebut secara permanen.

    Barulah pada sekitar tahun 1800 seorang yang berkebangsaan Inggris, Thomas Wedgwood melakukan percobaan dengan merekam sebuah gambar positif pada kamera obscura yang memiliki lensa. Akan tetapi, hasil yang didapatkan justru tidak sesuai dengan harapan.

    Kemudian Humphrey Davy melanjutkan percobaan yang dilakukan oleh Thomas terkait dengan percobaan menggunakan chloride perak. Namun, lagi-lagi ia juga gagal walaupun telah berhasil menangkap imaji dengan kamera obscura tidak menggunakan lensa.

    Setelah itu, pada tahun 1824 Joseph-Nicephore Niepce yang dikenal sebagai seorang seniman lithography Perancis melakukan pengamatan selama delapan jam lamanya dengan meng-exposed sebuah pemandangan dari jendela kamarnya. Pengamatan tersebut cara kerjanya hampir sama dengn lithograph namun disebut Heliogravure yang dilakukan di atas pelat logam dilapisi dengan aspal.

    Siapa sangka pengamatan tersebut membuahkan hasil dimana gambar dapat bertahan secara permanen namun hasilnya agak kabur. Kemudian tahun 1826, ia melanjutkan percobaannya sampai akhirnya melahirkan sebuah karya yang menjadi sejarah awal dari lahirnya fotografi sebenarnya. Hasil percobaan yang dilakukan oleh Joseph-Nicephore Niepce saat ini disimpan di University of Texas di Austin, AS.

    Setelah sejarah awal munculnya fotografi tersebut, sejumlah ilmuan kembali melakukan sejumlah penelitian diketahui seorang desainer panggung opera yang juga dikenal sebagai pelukis bernama Louis-Jacques Mande’ Daguerre (1787-1851) merupakan orang pertama yang dinobatkan sebagai pembuat foto yang sebenarnya pada tanggal 19 Agustus 1839 yang lalu.

    Hasil percobaannya menghasilkan sebuah gambar yang sifatnya permanen pada lembaran plat tembaga perak dengan lapisan larutan iodin selanjutnya disinari dengan menggunakan cahaya langsung neon selama satu setengah jam lamanya. Proses yang dilakukan oleh Jacques Mande’ Daguerre disebut sebagai daguerreotype. Selanjutnya adalah mencuci pelat dengan memakai larutan garan dan air suling untuk mrnghasilkan gambar permanen.

    Pada bulan Januari 1839 silam, Daguerre diketahui memiliki niat untuk mematenkan temuan yang didapatkannya. Namun, pihak dari pemerintah Prancis justru melakukan hal yang sebaliknya yaitu membagikan temuan tersebut secara cuma-cuma kepada seluruh dunia alias tanpa hak paten.

    Sejak saat itu, fotografi berkembang semakin pesat diseluruh dunia. Mulai dari perusahaan yang bernama Kodak Eastman yang didirikan oleh George Eastman diketahui menciptakan roll film yang kemudian dijualnya bersama dengan kamera boks dalam rangka pengembangan fotografi pada zaman itu. Tak butuh waktu yang lama fotografi kemudian semakin berkembang dengan adanya perbaikan pada kamera mulai dari lensa, shutter, film, sampai dengan kertas foto.

    Dikatahui pada tahun 1950 prisma atau SLR digunakan untuk mempermudah mengambilan gambar menggunakan kamera Single Lens Reflex. Tak hanya itu, Jepang yang dikenal sebagai salah satu negara yang melek akan teknologi akhirnya memproduksi kamera Nikon setelah itu disusul dengan diproduksinya kamera Canon.

    Sejarah KAmera Yashica terbaru manis dan keren

    Pada tahun 1972, Edwin Land berhasil menemukan teknologi baru pada kamera yaitu ditemukannya kamera Polaroid dan mulai diperjual belikan dipasaran. Seperti yang kita ketahui kamera Polaroid bisa mneghasilkan gambar tanpa harus melalui yang namanya pencetakan film.

    Kemajuan teknologi membuat fotografi juga semakin berkembang. Misalnya pada zaman dahulu ukuran kamera hampir sebesar tenda dan hanya mampu menghasilkan gambar yang tidak terlalu bagus atau tajam. Saat ini, kamera justru memiliki ukuran yang sangat kecil dan simple dibawa kemana-mana serta hasil foto yang dihasilkan sangat tajam meski ukuran foto yang dicetak sangat besar.

    Itulah informasi terkait dengan sejara fotografi dari masa ke masa. Semoga informasi di atas dapat membantu kalian menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang fotografi.

  • Cara Mudah Menghasilkan Jutaan Rupiah melalui Program Google Adsense dan Blogger

    Matamu.Net – Blogger merupakan salah satu platform yang menyediakan jasa penerbitan artikel berbasis web 2.0 yang dikembangkan oleh Pyra Leb. Setelah dibeli oleh Google pada tahun 2003, Blogger mengalami banyak peningkatan layanan, termasuk hosting dengan kapasitas dan bandwich unlimited.

    Layanan tersebut diberikan google secara gratis bagi mereka yang mengeloal blog tanpa melanggar TOS yang sudah ditentukan oleh google terlebih dahulu seperti memuat konten pornografi eksplisit, perjudian dan situs mallware, padahal jika jasa tersebut disewakan pada pihak Hosting kemungkinan biaya yang paling kecil yang haru sdikeluarkan oleh pemilik situs adalah 10 $ – 15 $ perbulan.

    Namun bukan hal tersebut yang membuat Blogger terlihat spesial, melainkan kemudahan-nya untuk dihubungkan dengan program afiliasi pengiklanan milik google yakni Google Adsense. Hal ini membuat mereka yang memiliki blog bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan uang melalui program blogger dan google adsense.

    cara menghasilkan rupiah melalui program Google adsense dan Blogger

    Lantas bagaiamna caranya?

    Berikut ini step by step cara menghasilkan uang melalui Program Google Adsense. Silahkan simak dengan seksama dan dilakukan langkah demo langkah.

    A. Memiliki Blogger

    1. Membuat Akun Google

    Langkah pertama untuk mendapatkan uang melalui program blogger tentu saja dimulai dari akun Google. Akun Googel ini terbilang handal karena terintegrasi dengan banyak fasilitas dan layanan google lainnya seperti Email, Youtube, Adsense, Webmaster, Google Analitik, Google Form dan lain-lain.

    Mendapatkan akun google sangatlah mudah, yakni dengan membuat akun Gmail saja. Jika kamu sudah membuat akun google atau sudah memilikinya, silahkan logging di browser yang kamu miliki, maka Browser akan mengidentifikasi kamu sudah logging.

    2. Mendapatkan Akun Blog

    Langkah berikutnya adalah membuat akun blogger. Cara mendapatkan akun blogger sangatlah mudah. Kamu hanya perlu masuk ke Blogger.com dengan browser yang kamu koneksikan dengan akun gmail tadi.

    Setelah masuk di Blogger.com, kamu akan mendapatkan kotak dialog yang memberikan instruksi untuk buat akun. Silahkan ikut langkah yang ada di dalam namun secara garis besar Blogger akan menanyakan nama blog anda seperti matamu misalnya, lalu blogger juga akan meminta URL parameter dari blog anda.

    Blogger akan menyediakan URL parameter gratisan namun memiliki URL induk blog seperti matamu.blogspot.com, kamu bisa mengganti domain ini menggunakan kostum domain dari google menjadi matamu.net misalnya namun tentu saja costum domain ini berbayar.

    Dalam persiapan monetize blog atau menghasilkan uang melalui blog, google tidak mempermasalahkan apakah blog kita masih menggunakan domain blogspot atau sudah TLD (Top Level Domain).

    3. Publikasi Artikel

    Setelah memiliki blog kamu akan diarahkan Blogger menuju Dashbord kamu, tempat dimana kamu akan mengelola blog kamu kedepannya. Ada banyak layanan yang disediakan seperti yang tertera pada gambar di bawah ini :

    Dashboard Blogger keren
    Penampilan Dashboard Blogger

    Layanan-layanan yang disediakan adalah postingan tempat dimana untuk membuat artikel baru dan menjadi tempat isi dari kontent kamu akan dirayapi oleh Search Enggine seperti google, yahoo, bing dan sejenisnya.

    Setelah membuat blog silahkan coba untuk membuat artikel Dummy. Ada beberapa menu disana sialhkan dicoba dengan bebas karena jika salah kamu bisa menghapus artikel tersebut lalu mengulangi lagi dari awal, atau kamu mengedit saja artikel yang sudah kamu terbitkan.

    Jika sudah lihatlah tampilan blog kamu dan bacalah artikel yang yang sudah kamu publish/terbitkan di blog kamu. Laman dari artikel ini bisa kamu share melalui banyak platform agar kamu mendapatkan pembaca untuk awal-awal blog kamu.

    Jika blog kamu sudha memiliki reputasi di search enggine maka pengunjung kamu bakalan lebih banyak datang search enggine. Pengunjung ini namanya Natural Traffic jenis trafik yang paling dicintai oleh pengiklan termasuk google, sedangkan pengunjung yang datang dari link yang kamu bagikan namanya Directed Traffic.

    Semakin banyak dan semakin bagus artikel yang kamu publish maka semakin besar peluang situs kamu muncul di laman search enggine ketika seseorang mencari sesuatu melalui Google, Bing, Duckduckgo dan sejenisnya.

    Artikel yang bakalan muncul di halaman pertama search enggine harus memiliki kualitas yang bagus diantara artikel yang ada, atau dikenal dengan artikel SEO (Search Enggine Optimasi). Bagi kamu yang tidak mengerti SEO, jangan khawatir, googel lebih menyukai blog yang natural yang kerjanya hanya berusaha menghasilkan artikel yang baik.

    Semakin banyak pengunjung di situs / blog kamu maka potensi penghasilan kamu melalui blog akan semakin besar.

    B. Memilih Niche Situs

    Niche secara harfiah diartikan sebagai ceruk pasar, namun sederhananya Niche adalam blogger merujuk pada tema besar yang bahas oleh situs kamu. Misalnya tema seitu Matamu.Net ini membahas tentang Internet, Fintech, Youtuber atau secara garis besar dinamakan Niche Teknologi.

    Niche ada banyak tergantung dari hal yang kamu ingin sampaikan ke orang lain melalui blog. Adapun Niche-niche blog yang umum seperti pendidikan, teknologi, kesehatan, asuransi, wisata. kuliner, resep, home desain dan lain-lain.

    Jika kamu memiliki banyak Niche dalam situs maka situs kamu masuk dalam kategori Niche gado-gado atau niche campuran.

    1. Niche dengan CPC tertinggi

    Google memiliki algoritma canggih dalam penampilkan iklan, kelak jika situs kamu lolos review Goggle adsense. Algoritma google adsense akan memunculkan iklan bukan sesuai situs kamu melainkan sesuai dengan kebiasaan user.

    Ada kemungkinan situs kamu memiliki artikel tentang kesehata tapi justru iklan yang muncul tentang baju, hal in itergantung dari cookies dan cache file dari use, namun kemungkin besar user akan emnemukan situs yang se niche dengan apa yang mereka cari sangat besar.

    Hal ini membuat pemilihan niche dalam google sangat berpengaruh terhadap pendapat seorang bloger. Jika kamu memiliki Niche dengan nilai CPC tinggi misalnya 500 rupiah tentu saja akan memiliki penghasilan yang lebih besar dibandingkan dengan situs dengan niche 100 rupiah perhari.

    Ologika 10 klik dari CPC 500 rupiah adalah 5000 ribu sedangkan untuk CPC 100 rupiah hanya menghasilkan 100 rupiah. Sebagai bahan pertimbangan yang bersumber dari pengalaman pribadi dan forum, berikut ini deretan Niche bercpc tinggi :

    1. Teknologi
    2. Wisata
    3. Fashion
    4. Asuransi
    5. Financial Teknologi
    6. Home Desain
    7. Otomotif
    Untuk Niche kelas menengah 
    1. Pendidikan
    2. Fotografi
    3. Semi Wallpaper
    4. Wallpaper
    5. Artis
    6. Hiburan
    7. Kesehatan
    8. Tanaman
    9. Hewan
    10. Tutorial
    Untuk Niche kelas rendah 
    1. Gado-gado
    2. Misteri
    3. Budaya
    4. Daerah
    5. Portal berita
    6. Politik
    Nilai CPC sendiri selalu berubah tergantung dari minat pemasang iklan namun pada umumnya deretan angka diatas stagnan, kecuali kesehatan dan pendidikan yang pernah memiliki nilai CPC tinggi yang kini semakin berkurang.
    Nilai CPC googel adsense dengan dashboard Dollar

    Meskipun CPC kamu rendah bisa jadi penghasilan kamu lebih banyak jika Niche yang kamu pilih memiliki Volume pencarian yang besar, milsanya saja Portal berita, memang memiliki CPC kecil namun peminat nya jauh lebih besar dari Niche sehingga penghasilan blog poertal berita cenderung besar.

    2. Niche Terlarang Google Adsense

    Google memiliki aturan yang ketat dan berbeda-beda setiap negara. Googel menyukai manusia sehingga aturan-aturan yag dibuat google selalu ada aspek sosial dan sisi kemanusiannya. Sebut saja dari penetuan Niche, ada beberapa jenis artikel yang tidak akan mungkin memunculkan iklan atau bahakn cenderung kena Pinalty sampai Banned dari Googel.

    Adapun list derean Niche-Niche terlarang dari google sebagai berikut :

    1. Kekerasan Eksplisit
    2. Seksualitas Eksplisit
    3. Kehamilan 
    4. Perjudian
    5. Jual beli barang terlarang
    6. Minumam Beralkohol
    7. Rokok
    Meskipun Niche dari situs kamu bukanlah salah satu dari diatas namun jika situs kamu memuat artikel yang membahas masalah diatas maka besar kemungkinan Iklan tidak akan tayang pada laman tersebut dan kamu akan mendapatkan teguran dari Google Adsense.
    Konten pelanggaran oada googel adsense

    C. Menyiapkan Situs untuk Program Adsense

    Google memiliki aturan yang ketat untuk situs-situs yang mereka loloskan bergabung dengan program google Adsense. Tujuan dari aturan ini dibuat adalah agar supaya tercipta lingkungan sehat antara Google, Pengiklan dan Publisher.

    Aturan-aturan tersebut ditulis secara lengkap di help center google untuk program adsense, namun berdasarkan pengalaman mendaftar goole adsense berikut ini ringkasan :

    1. Menggunakan Templete Ramah HTML 5 – Pengalaman Templete milik sugeng selalu lolos verifikasi dalam kasus ini.
    2. Memiliki identitas situs lengkap bisa dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris – About Us, Disclaimer, Privacy Polish dan Contct Us
    3. Semua identitas situs dibuat di laman, bukan di postingan
    4. Terhubung dengan Googel Webmaster (wajib) dan Google Analitik (Optional)
    5. Tidak memiliki Link mati di seluruh halaman, hal ini bergantung tempelet, sebaiknya gunakan templete sugeng.
    6. Memiliki minimal 11 sampai 14 artikel yang lebih panjang dari 500 kata.
    7. Tidak melanggar aturan googel tentang penggunaan boot, copy paste artikel orang lain, dan memilh Niche terlarang.
    Selain dari hal tersebut banyak mitos yang beredar di internet mengenai tata cara daftar google adsense, seperti : 
    1. Harus TLD 
    2. Blog berusia minimal 6 bulan
    3. Memiliki banyak pembaca
    4. Jumlah artikel minimal 30 buah panjang 1000 kata
    5. Memiliki Site Link 
    Paling tidak pengalaman penulis sudha pernah mendapatakan akun beberapa kali dengan jumlah artikel pada sata daftar sebanayak 7 buah, jumlah kata lebih dari 500 kata, usia blog kurang dari 3 hari, belum memiliki pengunjung dan belum memiliki Site link. 
    Blog tersebut adalah Matamu.Net yang dibuat pada tanggal 1 Januari 2020 dan didaftarkan pad aprogram Adsense pada tanggal 3 Januari 2010. Pengumuman lulus dan iklan tayang tanggal 6 Januari. 
    Tips : Selama proses Review sebaiknya ditambahkan artikel bebas copy paste minimal satu dalam sehari.

    D. Mendaftar Program Goole Adsense

    Setelah melengkapi syarat-syarat yang ada pada bagian C, maka saatnya untuk mendaftarkan Blog pada Program Google adsense. Cara daftar google adsense bisa dilakukan dua cara yakni melalui Dashboard Blogger yakni menu Penghasilan.

    Silahkan klik menu tersebut lalu Google adsense akan mengarahkan untuk mendaftar. Langkahny abisa dilakukan dengan mudah karena instruksi yang diberikan google sangat jelas. Tugas anda hanya memastikan code dari Googel adsense terpasang agar memberikan sinyal kepada google tentang situs yang anda ingin hubungkan dengan google adsense.

    Code yang diberikan oleh google bisa dipasang dimana saja, namun sebaiknya pasang melalui menu HTML Editor lalu letakkan tepat dibawah tag <head> lalu simpan perubahan, jika tidak bisa tersimpan, maka code google adsense butuh di Parse. Jasa ini banyak disediakan di Internet gartsi dan cepat dengan mengetik kata kunci Parse Code di Google.

    Bagi anda yang tidak memiliki logo penghasilan maka silahkan rubah setting bahasa penggunaan Blog anda dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, Setelah proses daftar dan anda dinyatakan lulus, settingan bisa dikembalikan kembali ke bahasa Indonesia.

    Pada kondisi khusus dimana simbol tetap juga tidak bisa menunjukkan menu penghasilan, maka lakukan daftar manual melalui program google adsense pada laman https://www.google.com/adsense/start/

    Metode pendaftaran tidak jauh berbeda dengan mendaftar melalui Blog kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah yang di instruksikan pada laman tersebut.

    Setelah mendaftaran silahkan menunggu proses verifikasi yang akan dilakukan oleh google. Akan ada dua verifikasi, namun sebagai penanda paling sederhana jika situs kamu diterima maka iklan akan tayang pada situs kamu, namun jika di tolak biasanya akan ada pemberitahuan dari google melalui email yang kamu gunakan.

    Email tersebut isinya pemberitahuan tentang kekurangan yang harus kamu lengkapi dari situs kamu. Setelah kamu melengkapi dan atau memperbaiki kekurangan tersebut maka situs kamu sudah bisa diajukan kembali.

    E. Meningkatkan Pengunjung Situs

    Setelah situs kamu dinyatakan lulus dari program Google adsense, tidak serta merta uang akan datang ke kamu. Penghasilan teragtung dari kinerja situs dan banyaknya pengunjung kamu.

    Jadi tugas kamu adalah mendatang pengunjung melalui konten-konten yang kamu terbitkan di artikel kamu. Semakin banyak pengunjungnya maka semakin besar pula penghasilan kamu.

    Sebagai dasar perhitungan mengenai penghasilan kamu, Sebagai contoh kamu memiliki Artikel dengan kata kunci “Cara Menghilangkan Jerawat”. Berdasarkan data dari Google Keyword Plannar, kata kunci ini memiliki jumlah pencarian sebanyak 500 ribu kali dalam sebulan dengan nilai cpc 1000 rupiah.

    Jika artikel kamu berada di posisi paling pertama untuk kata kunci tersebut dan semua pengunjung memilih artikel di urutan pertama hasil Search Enggine. Sesuai CTR kebanyakan templete yang hanya mengkorversi 5 % dari pengunjung menjadi klik maka total penghasilan kamu dalam satu bulan adalah CPC x CTR x Volume Search

    Taksiran penghasilan Rp. 1000 x 500.000 x 0.05 = 25.000.000 rupiah dalam sebulan untuk satu kata kunci saja, jika kamu memiliki banyak kata kunci yang menjadi juara di halaman Satu makan semakin besar pulan penghasilan.

    Jadi tugas kamu selanjutnya berupaya agar pengunjung datang ke situs kamu dengan memahami SEO.

  • Cara Mendesain dan Mengedit Templet Blogger untuk Pemula

    Dzargon – Templet blogger merupakan sebuah file berektensi XML yang berisi struktur Code HTML yang sesuai dengan Platform dan CMS Blooger. Meskipun tidak bersifat Open Source, Platform Blogger memberikan kesempatan pada pengguna untuk mengedit tampilan pada level Front End.

    Templete ini adalah bagian yang bertanggung jawab untuk menunjukkan tampilan pada user saat mengunjungi situs anda, baik itu tampilan PC ataupun Mobile. Templeta yang bagus tentunya memiliki desain yang responsive, yakni berubah sesuai dengan bentuk device usernya.

    Salah satu momok bagi para blogger pemula dan blogger kalangan content writer adalah melakukan editing tampilan. Merombak HTML yang yang memiliki banyak code, CSS, element dan struktur menjadi hal yang nyaris tidak pernah disentuh sama sekali, memang hal tersebut bukanlah masalah mendasar karena bagi blogger yang tidak tahu membuat templete cukup membeli templete dari para penyedia Templete blogge rbaik gartis maupun berbayar.

    Hanya saja templet yang diberikan tentu saja templete standar yang beberapa elemen tidak sesuai dengan keinginan dan kontent dari blog kita. Sebut saja mungkin kita tidak menyukai jenis hurufnya, ukuran huruf, lebar layar tulisan utama, dan isi Sidebarnya. Satu-satunya cara untuk memperbaiki ini adlaah melakukan editing ke element-elemen dan Divisi-Divisi tersebut.

    Hal ini tentu saja tidak serumit membuat templete, namun kita masih perlu mempelajari beberapa hal dasar untuk merubah tampilan teresebut.

    A. Struktur HTML Templet Blogger

    Struktur HTML adalah susunan elemen dasar yang dimiliki Platform dan CMS Blogger. Pada dasarnya Struktur ini meletakkan elemen-elemen dasar mirip dengan banyak desain UI pada kebanyakan platform.

    Langah awal yang bagus dalam mempelejari struktur ini adalah memahami letak dan lokasi dari setiap elemen yang bakalan ditulis dalam bahasa HTML. Struktur akan dimulai dengan tag pembuka <html> dan ditutup dengan </html>.

    Adapaun bentuknya seperti pada gambar di bawah ini :

    Struktur keren kode HTML CSS keren skin
    Struktur Dasar Templet Blogger

    1. Head 

    Head merupakan bagian untuk meletakkan Cashcading Style Sheet atau CSS, meskipun CSS bisa ditempatkan dibagian tubuh HTML atau Inline CSS, namun hal tersebut justru membuat lebih banyak code padahal kita hanya ingin menggunana code seminimum mungkin agar loading blog jauh lebih cepat.

    Bagian head ini terdiri dari tiga elemen utama yakni <tittle> sebagai judul dari blog, <b:skin> atau <style> sebagia tempat pendefinisian CSS, dan <b:templete-skin> yang merupakan aturan pada pada tata letak pada dashboard blogger.

    Pada head ini ini juga dilettakkan banyak meta tag dan struktur untuk perayapan search enggine yang diizinkan oleh si pemilik blogger, sebagai contoh struktur perayapan model Schema.org, dan Breadcrumbs.

    2. Body

    Body merupakan badan dari blogger yang akan ditampilkan kepada user. Semua CSS yang didefenisikan di Head tidak akan muncul jika tidak dipanggil pada bagian ini. Dalam body ini lah Layar tampilan di bagi ke dalam beberapa section, divisi atau element dan namun struktur awalnya hanya satu elemen saja.

    Bagian Boody terdapat banyak element namun ada tiga jenis yang sangat umum ditemukan di banyak blog, yakni <b:section class=”navbar”> berisi Divisi untuk sistem navigasi, <div class= ‘content’> berisi divisi utama yang digunakan untuk menayangkan kontetn dalam hal ini adalah Artikel, gambar dan sejenisnya, lalu <script type=’text/javascript’> yang berisi jenis-jenis perintah Java untuk membuat tampilan lebih dinamis dan cantik.

    3. Gadget

    Gadget adalah kolom lain yang dipisahkan dari Boy untuk menampilkan alat bantu yang digunakna untuk memudahkan navigasi blogger selain naviagasi utama. Kolom ini juga banyak digunakan untuk menyimpan info penting dayng disusun dalam bentuk sidebar <b:section-content id=’sidebar’>  dan footer <b:section-content id=’footer’>.

    B. Visualisasi Desain dari Struktur HTML Blogger

    Semua code HTML yang sudah dibuat diatas kemudian aplikasikan ke dalam Blog akan menghasilkan tampilan visualisasi User Interface (UI). Tampilan inilah nantinya yang akan menunjang kenyamanan user selama ada di dalam blog kita.

    Untuk membhasa aspek kenyamanan user selama berada di situs kita, maka diperlukan kajian diluar teknis Coding tapi kajian Desain Komunikasi Visual yang terkait dengan jenis text, ukuran, warna text, warna latar belakang, ukuran dan sejenisnya yang terkait dengan hal-hal yang berbasu desain.

    Hasil Visualisasi dan desain yang dirancang yang paling umum sebagai berikut :

    Desain templte dua side bar keren untuk blogger
    Desain Dua Side Bar
    Tampilan blogge rkeran dengan satu Sideber
    Desain Satu Side Bar

    1. Header

    Header berbeda dengan Head. Secara Head adalah loaksi penempatan Divisi, elemen, CSS dan Tag yang ada di editor HTML sedangkan Header adalah adalah nama lain dari tittle atau judul blog.

    Pada bagian Header ini diisi judul dari sebuah blog, misalnya Matamu.Net. Dalam header ini bisa diletakkan deskripsi umum tentang blog kamu agar pembaca bisa tahu apa saja yang kamu bahas dalam blog tersebut. Selain tulisan Header ini bisa disisipkan gambar sebagai logo atau branding dari situs kamu.

    Adapun ukuran Header berbagai macam namun jangan di desain terlalu lebar karena menggangu. Paling tidak saat ini Header dengan tema desain minimalis (300 px x 50 px) sangat banyak digunakan, karena tidak memakan tempat sehingga menyisahkan tempat lebih banyak untuk artikel.

    2 Navbar

    Navbar atau Navigation Bar adalah Widget atau element yang memberikan kemudahan mencari artikel atau content dalam suatu website berdasarkan kesamaan label. Sebagai contoh label untuk kumpulan artikel kesehatan, wisata dan sejenisnya.

    Widget ini pada umumnya diletakkan di bawah header karena posisi tersebut menjadi posisi kepala dimana secara psikologi orang-orang akan selalu berfikir ke arah atas untuk mengetahui garis besar dari suatu blog.

    Mungkin hampir sama dengan daftar isi pada bugu yang selalu diletakkan di halaman depan dari sebuah buku.

    3. Body Text 

    Body merupakan area utama dimana penulis blog akan menyampaikan konten yang mereka ingin sampaikan. Body atau Post ini berisi informasi seperti artikel, gambar, video dan kolom komentar untuk pengunjung yang ingin berkomentar.

    Body Text jugga kadang dikenal dengan nama Post, dan Body Post, sehingga untuk mengedit bagian ini biasanya digunakan nama-nama tersebut.

    4. Side Bar

    Side bar merupakan salah satu widget yang paling banyak fungsinya dari segi experience pengguna. Dinamakan side bar karena letaknnya berada di sisi Body Post. Dulu banyak situs yang menggunakan dua buah side bar disisi kiri dan kana, namun saat ini Rigth Side Bar lebih banyak ditemukan.

    Isi dari Side bar ini biasanya Widget yang berkaitan dengan ciri khas situs, seperti popuper post, artikel yang direkomendasikan, iklan, statistik, galery dan banyak lagi. Hal ini karena mata sangat nyaman dengan posisi Side saat membaca tulisan dari kiri ke kanan artikel di blog.

    Pada umumnya Side Bar di desain dengan lebar 300 px dengan tinggi yang menyesuaikan atau Responsive, ukuran ini sangat pas ketika sidebar bakalan tergser kebawah ketika tampil pad abentuk mobile.

    5. Footer

    Gadget paling akhir yang letaknya ada di bawah berada di bawah blog oleh karena itu dinaman Footer. Isi footer pada umumnya berupa informasi mengenai website seperti About Us, Disclaimer, Privacy Police dan Kontak.

    C. Editing HTML Blog untuk Pemula

    Tidak ada sistem yang paling baik digunakan dalam pengeditan templet blog untuk pemula kecuali sistem tambal Sulam. Tambal sulam yang dimaksud adalah mencari elemen yang ingin di edit kemudian.

    Misalnya elemen yang ingin di deit adalah elemen navigasi Bar makan yang silahkan masuk ke HTML Editor untuk mencari element tersebut dalam bentuk code HTML.

    Cara standarnya adalah dengan melacak bagian tersebut melalui menu Inspect Elemen miliki Google Chrome. Menu ini bisa didapatkan dengan cara klik kanan di tampilan Blog kamu, lalu silahkan edit di Dashboard blog.

    Setelah itu akan muncul dialog box, ketika tulisan Long Exposure, huruf besar dan kecil tidak perlu diperhatikan karena HTML tidak sensitif case. Setelah diketik dengan lengkap, kemudian tekan enter sampai menemukan code tersebut.

    View PAge Source dengan inspect elemen di Google Crhome

    Setelah window Inspect halaman muncul silahkan sorot bagian di website kamu untuk mengetahui jenis codenya, atau lakukan sebaliknya silahkan klik blok code HTML di sisi kanan dan lihat bagian yang dicover di sisi kiri.

    cara mempelajari Code HTML sebuah Situs dengan Browser

    Namun bagi yang ingin cara lebih ringkas lagi perhatikan saja bagian yang ingin di edit lalu masuk ke HTML editor, lalu temukan bagian yang ingin di edit. Sebagai contoh jika kita ingin mengedit salah satu label di NavBar di bawah ini.

    Cara mudah mengubah Navigasi Blog di editor HTML

    Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk bisa masuk ke Editor HTML sebagai berikut :

    1. Logging ke Dashboar
    2. Pilih Menu Tema 
    3. Pilih menu Edit HTML di bawah tampilan Blog pada menu tersebut.

    Setelah memilih Edit HTML maka akan muncul tampilan Code HTML dari templet yang anda gunakan, sekarang anda bisa mencari dengan cara menggeser kursor sampai baris yang diinginkan, namun jika terlalu panjang silahkan klik perintah Ctrl + F pada windowds, atau Command + F pada MAC.

    Menu HTM editing cara mengganti NAvbar

    Jika code nav bar sudah ditemukan maka akan tayang code seperti ditas silahkan diganti untuk Nama dari Labelnya diketika pada bagian hitam, sedangkan alamat URL labelnya silahkan dicari di blog anda masing-masing.

    Setelah mengganti klik Save lalu lihat perubahan yang terjadi pada situs anda.

  • Kelebihan Layar IPS pada Smartphone

    Dzargon – Zaman sekarang sudah tidak asing lagi melihat orang-orang menggunakan smartphone dengan layar yang touch screen. Kendati demikian, istilah layar IPS mungkin sudah biasa didengar apalagi bagi pecinta teknologi khususnya pada smartphone.

    Layar IPS bermula sejak tahun 1996 yang lalu, dimana pada saat itu perusahaan terkenal di Jepang yaitu Hitachi diketahui berusaha untuk memecahkan sebuah masalah terkait dengan TN-Matriks.

    Oleh karena itu, sampai saat ini sudah sangat banyak teknologi IPS yang digunakan oleh para pembuat LCD. Mulai dari Super IPS, Advance Super IPS, IPS Provctus, Hotizontal IPS, sampai dengan Enchaced IPS tergantung para pembuatnya.

    Menariknya lagi, zaman sekarang teknologi menggunakan layar IPS telah menjadi sebuah standar bagi semua smartphone khususnya layar sentuh mulai dari Samsung, Lenovo, iPhone, dan masih banyak lagi merek-merek smartphone lainnya.

    Layar IPS diketahui merupakan pengembangan dari teknologi panel sebelumnya apalagi kalau bukan TFT atau Thin Film Transistor. Dengan munculnya IPS maka teknologi ini dianggap memiliki kualitas yang baik dari tingkat akurasi warna yang tinggi, kuliatas gambar, sampai dengan sudut pandang yang cukup lebar.

    IPS merupakan singkatan dari In Plane Switching atau sebuah teknologi layar untuk display Kristal cair atau LCD. Salah satu alasan dibuatnya teknologi IPS yaitu bertujuan untuk mengatasi keterbatasan utama khususnya pada sudut pandang serta reproduksi warna pada layar LCD agar lebih baik.

    Kendati demikian, sampai saat ini layar IPS masih sangat popular penggunaannya. Beberapa produk smartphone diketahui masih menggunakan layar IPS dalam hal memanjakan mata para penggunanya. Salah satu adalah smartphone marek apple, beberapa IPhone masih menggunakan layar IPS termasuk IPhone 11.

    Padahal sebagian besar smartphone android diketahui telah menggunakan layar AMOLED maupun OLED. Kira-kira apa alasan perusahaan besar seperti Apple masih menggunakan layar IPS pada produk smartphone mereka? Ternyata ini beberapa kelebihan dari layar IPS untuk smartphone.

    Namun, sebelum membahas tentang kelebihan dari layar IPS terlebih dahulu dibahas tentang penjelasan terkait dengan jenis-jenis layar pada smartphone, khususnya perbedaan tentang layar IPS dan AMOLED. Seperti yang kita ketahui bahwa sebelumnya sangat banyak jenis smartphone yang menggunakan yang namanya layar LCD atau layar yang terdiri atas beberapa lapisan kaca. Yang dimana pada layar LCD akan bekerja dengan cara menyaring cahaya yang sinkron dengan warna piksel yang ditampakkan.

    Adapun ciri khusus dari layar LCD yaitu warna serta tone yang ditampilkan terlihat berbeda jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itu, tampilannya kurang baik jika dilhat. Dengan hadirnya layar IPS membuat kekurangan dari layar LCD dapat dihilangkan. Tak hanya itu, layar IPS juga sangat pas dipakai untuk perangkat berbasis touch screen.

    IPS merupakan singkatan dari In Plane Switching

    Tak hanya menghilangkan kekurangan dari layar LCD, layar IPS juga berupaya untuk menghasilkan warna yang diketahui hasilnya sangat natural serta ketajaman gambarnya sudah tak diragukan lagi.

    Sementara itu, ada pula jenis layar yang dikenal dengan nama AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Layar AMOLED sendiri berisi beberapa molekul organic yang mampu memperoleh cahaya apabila dialiri aliran listrik. Mengenai kelebihan dari layar AMOLED adalah memiliki rasio kontras yang sangat tinggi dan juga hemat daya sampai dengan sepuluh kali lipat dari layar lainnya.

    Namun, dibalik kelebihan dari layar AMOLED yang mempunyai frame per second dan juga waktu respon yang cepat tenyata AMOLED memiliki kekuranga yaitu sangat berisiko untuk mengalami yang namanya screen burn-in.

    Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa beberapa produk misalnya iPhone telah menggunakan layar AMOLED pada seri iPhone X, XS, XS Max, 11 Pro, dan juga 11 Pro Max. Akan tetapi, beberapa produk juga masih menggunakan layar IPS misalnya pada iPhone seri XR dan iPhone 11.

    Mengapa masih ada saja smartphone yang masih menggunakan layar IPS padahal untuk zaman sekarang layar IPS sudah dianggap ketinggalan zaman lantaran sudah muncul layar-layar versi baru? Ternyata ini alasan mengapa masih ada smartphone yang menggunakan layar IPS. Berikut ulasannya yang dilansir dari beberapa sumber.

    1. Resolusi Lebih Tinggi

    Alasan pertama mengapa beberapa smartphone masih menggunakan layar IPS yaitu lantaran resolusi yang ditampilkan lebih tinggi. Seperti yang diketahui bahwa resolusi yang dimiliki oleh layar IPS mencapai 320 ppi yang dimana kerapatan layar IPS dapat membuat mata dimanjakan lantaran sesuai dengan mata.

    Perlu diketahui bahwa istilah ppi merupakan singkatan dari pixel per inch yang artinya sebuah satuan yang menyatakan sebuah resolusi pada layar. Semakin tinggi ppi dari sebuah layar maka semakin jernih pula tampilan yang ditampilkan pada layar. Ppi sendiri juga memengaruhi kualitas gambara atau video yang ditampilkan pada layar. Apalagi jika bermain dalam game HD maka tampilan grafis juga berpengaruh terhadap ppi layar smartphone.

    Tak hanya itu, layar IPS juga mempunyai nilai kontras yang lebih dari pada panel TN, walaupun masih lebih rendah dari panel VA. Dengan kontras yang bagus maka pengalaman dalam melihat dan menggunakan smartphone semakin bagus pagi penggunanya.

    Layar IPS memberikan tampilan gambar yang jelas serta waktu respon yang stabil. Layar IPS sangat cocok digunakan untuk fotografi, desain grafis, CAD atau CAM reknik, produksi film, sampai dengan aplikasi keamanan lainnya.

    2. Tidak Burn-in

    Pada smartphone yang menggunakan layar IPS diktahui bahwa tidak menyebabkan munculnya burn-in atau semacam bercak permanen yang ada pada layar. Dengan demikian, diprediksi bahwa penggunaan layar IPS pada smartphone dapat bertahan lama dan umurnya juga lebih panjang dan awet.

    3. Biaya Produksi Lebih Murah

    Biaya untuk memproduksi layar IPS lebih murah dibandingkan dengan memproduksi layar AMOLED. Diketahui bahwa biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi layar AMOLED sekitar $150. Sementara itu, biaya produksi layar IPS hanya sekitar $30-$50 saja.

    Namun, meski smartphone menggunakan layar IPS khususnya pada pengguna iPhone maka kalian tak perlu khawatir karena Apple sendiri telah menggunakan yang namanya True Tone pada produknya sehingga akurasi warna yang dihasilkan tetap semakin tinggi dibandingkan dengan merek smartphone lainnya.

    4. Menampilkan Warna Akurat

    Tak hanya memiliki resolusi yang tinggi, layar IPS juga menyajikan tampilan warna yang cukup akurat sampai dengan sudut pandang yang mencapai 178 derajat. Layar IPS juga tidak menampilkan cahaya seperti ekor apabila layar disentuh. Perlu diketahui bahwa hal tersebut sangat penting untuk sebuah perangkat yang menggunakan touch screen.

    5. Sinyal Kecepatan Tinggi

    Layar IPS juga dikenal sebagai layar yang mampu memproses sinyal kecepatan tinggi dengan menggunakan kabel tembaga yang nilai resistensinya rendah tanpa harus kehilangan data. Di samping itu, layar IPS merupakan sebuah layar yang dikenal memiliki tekstru yang keras dan tahan dengan yang namanya benturan dalam ukuran tertentu.

    Itulah beberapa kelebihan dari layar IPS khususnya pada smartphone, perlu diketahui juga bahwa layar IPS ataupun layar lainnya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Semoga artikel di atas dapat membantu kalian dan memberikan manfaat.

  • Cara Mengganti Templete Blog untuk CMS Blogger

    Matamu.Net – User Interface (UI) atau tampilan antar muka pada sebuah situs menentukan seberapa nyaman seseorang akan menghabiskan waktu mereka selama berada di dalam situs tersebut. Semakin ringan dan simple desain yang ditawarkan, maka semakin lama pula seseorang akan berada disana.

    Begitu pun sebaliknya, semakin ribet dan berat tampilan sebuah situs, maka semakin cepat seorang pengunjung meninggalkan sebuah situs. UI yang baik akan menghasilkan pengalaman pengguna yang nyaman dan betah di dalam sebuah situs, hal ini selanjutnya disebut User Experience atau UE.

    Baik UI dan UE, keduanya merupakan sebuah sistem yang berada bagian depan dari sebuah website atau program karena perintah-perintah yang diberikan hanya sebatas HTML atau PHP dasar untuk tampilan. Perintah-perintah ini kemudian digolongkan sebagai Font-End Website.

    A. Maanfaat Tampilan

    Tampial User Interface adalah media yang digunakan oleh developer untuk menghubungakan manusia (user) dengan sebuah mesin atau sebuah Website.

    Seorang user tentu saja tidak perlu membaca semua isi dan kontent dari situs, karena hanya butuh konten-kontetn tertentu yang mereka butuhkan, tugas dari websaite developer adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh user atau paling tidakmemudahkan user menemukan informasi yang mereka sedang butuhkan.

    Sistem yang bertanggung jawab atas kemudahan user mencari informasi dalam sebuah situs atau Website selanjutnya disebut Sistem Navigasi. Ada banyak jenis sistem navigasi UI namun pada umumnya dan berdasarkan hasil risert interkasi manusia dan Website, desain yang paling umum hanya terbagi atas 5 komponen.

    Adapaun 5 komponen tersebut adalah :

    1. Navigasi Bar

    Navigasi Bar atau Nav Bar ada sistem navigasi yang kebanyakan diletakkan diatas tampilan, karena kecedenrungan seseorang untuk memetakan kelompok-kelompok atau label-label dalam situs pada bagian atas.

    Hal ini disebabkan oleh aspek psikologis dan kebiasan manusia untuk meletakkan label pada bagian atas rak. Kebiasaan juga berpengaruh pada perkembangan tampilan dan UI secara umum.
    Sebut saja pada situs ini, Navigasi Bar ditelatakan pada bagian atas, dan untuk memudahkan pengguna, Navigasi ini dibuat Stikky atau mengkuti gerakan dari pembaca.

    Menu Navigasi Bar Linkmag yang keren miliki Sugeng

    2. Body Text

    Body Text adalah Divisi yang berfungsi untuk menampilakn isi dari artikel yang akan disajikan kepada User. Perkembangan desain website menunjukkan letak Body Text yang paling nyaman adalah di pojok kiri untuk PC Device dan untuk Tampilan Mobile berada pada bagian tengah.

    Kebanyakan Websites mengembangkan ukuran Body Text pada ukuran lebar sekitar 800 px, 1000 px dan 1200 px, dari ketiga ukuran tersebut 1000 Px yang paling banyak ditemukan. Namun pada perkembangannya, Desainer Website harus mempertimbangkan lebar layar PC yang semakin hari semakin kecil dan detail seperti ukuran FULL HD.

    Letak Body Text blogger di sisi kanan

    3. Side Bar

    Side bar atau bilah menu pada sisi Body Text adalah menu navigasi yang banyak digunakna untuk berbagai keperluan, namuan pada umunya keperluan tersebut berkaitan dengan isi artikel atau kemungkin artikel yang paling banyak dikunjungi di website tersebut.

    Hal ini tentu saja agar pembaca bisa dengan mudah melihat infomrasi tersebut mengingat posisi kebiasaan membaca seseorang mulai dari kiri ke kanan, sehingga tempat yang paling bagus menyimpan informasi menarik diletakkan di sisi kanan.

    Posisi Side yang bar yang bagus

    Pada awalnya banyak website yang menggunakna desain 2 side bar, baik disisi kiri sebelum Boditext dan di sisi kanan, namun karena nilai UE yang rendah, Side pada sisi kiri sudah mulai ditinggalkan.

    Posisi side bar di sisi kanan yang sangat menarik membuat banyak penyedia produk untuk memasang iklan mereka di side bar karena posisinya yang sangat mudah diamati oleh user selama berada di dalam situs.

    Menu dan bar milik kaskus yang ramai

    4. Search Box

    Search Box adalah alat bantu untuk user menemukan informasi yang mungkin saja tidak bisa ditunjukkan oleh Landing Page dari sebuah situs karena keterbatasa ruang. Misalnya user mencari informasi tentang sesuatu yang sudah lama terbit di situs tersebut sehingga postingan atau artikel tersebut tenggelam.

    Peletakan search box sebenarnya bisa dimana saja, namun sebagaimana pengalaman yang dibentuk oleh pengguna internet, posisi di pojok kanan atas sepertinya tempat yang mudah untuk ditemukan, kecuali Facebook dan Instagram yang meletakkan elemen tersebut tepat diatas Body Text di area Nav Bar, yah tentu saja pertimbangan karena mereka tidak memiliki label.

    Searc box

    5. Footer

    Footer adalah bilah atau divisi yang diletakkan di bagian paling bawah dari sebuah situs. Biasanya akan ditemukan pada bagian kahir artikel ketika user sudah menggeser scorl mereka sampai bawah dengan kata lain artikel yang ditampilkan website sudah dibaca habis oleh user.

    Jika artikel dibaca habis, bisa ditarik kesimpulan User memang benar-benar membutuhkan artikel tersebut sehingga ada kemungkinan user akan mencari tahu lebih detail mengenai kebanaran atau kevalidan artikel yang disajikan.

    Hal ini membuat Footer lebih banyak di isi informasi yang tidak dibutuhkan oleh pembaca awam, tapi dibutuhkan oleh pembaca yang serius. Adapun unformasi tersebut bisa jadi berupa:

    1. Tentang Situs
    2. Disclaimer (Sangkalan)
    3. Privacy Polish (Kebijakan Situs)
    4. Kontak yang bisa dihubungi
    Posisi dan letak Footer miliki situs jalan tikus

    B. Templet Blogger

    Blogger merupakan salah satu situs yang menyediakan Content Manajemen System (CMS) non Open Source yang artinya Blogger tidak akan memberikan sistem mereka ke orang secara bebas, namun Blogger memberikan akses gratis baik dari segi pengelolalahan Inteface melalui HTML Editor dan juga Hosting yang ditanggung Google.

    Blogger sendiri sudha menyediakan templet bawaan mereka baik yang statis maupun yang telah menggunakan sistem kerja AMP (Accelerated Mobile Pages), namun bagi kalian yang bisa mengedit HTML atau malah memiliki templete dari pihak ketiga, maka Blogger memberikan izin untuk mengganti templetmu.

    Templet bawaan Bloger gratis

    Buat kamu yang malas membuat templete tapi tidak mau menggunakan Templet dari Blogger, Hal yang harus kamu lakukan adalah mencari penyedia jasa templete Blogger yang sudah terpercaya seperti Sugeng, Arlina Desain, Sora Templete dan sejenisnya.

    C. Cara Mengganti Tampilan Templet Blogger

    1. Mencari Templete yang Compotible

    Cara mengganti tempelet Blogger terbilang cukup mudah yakni kamu hanya perlu untuk mencari Templete Blogger yang ada di nternet yang tersedia gratis, namun untuk kenyamanan biasanya templet berbayar akan memberikan pelayanan yang lebih premium dan nyaman.

    File Templete bloger yang kamu perlukan memiliki extensi XML, jadi jika file yang kamu dapatkan masih dalam bentuk RAR dan sejeinisnya silahkan unzip terlebih dahulu.

    2. Mengganti Templete Blogger

    Adpaun langkah yang dibutuhkan untuk mengganti templet bloger sebagai berikut :

    1. Masuk ke Dashboard blogger, lalu masuk ke menu Tema dengan logo Cat Roll, kemudian pilih Cadangkan / Pulihkan.
    2. Tunggu samapi dialog Box muncul lalu pilih menu Choose File sampai akhirnya masuk ke window box kamu.
    3. Cari File Templete  berxtensi XML yang telah kamu donwload lalu klik dua kali.
    4. Setelah, itu pilih Upload dan tunggu beberapa saat sampai tampilan Blog kamu berubah.
    Cara mengganti Templet pada blogger
    Cara mudah mengganti tampilan dan menu pada blogger

    3. Mengedit dan Meperbaiki Melalui Menu HTML Editor.

    Templete yang diberikan oleh penyedia jasa templet tentu saja masih harus dilakukan perbaikan, mungkin saja dari segi warna, atau tampilan yang lain seperti Gadget yang muncul, informasi Navigasi bar, Menu Infomasi di Footer.

    cara mudah mengganti tampilan pada blogger

    Hal yang kamu harus lakukan adalah mengganti informasi tersebut menggunakan Editor HTML atau melihat petunjuk yang biasanya disertakan oleh para penyedia jasa pembuatan templet Blogger. Sebagai contoh HTML yang muncul dapat ditunjukkan pada gamabr berikut ini :

    Tampilan Editor HTML untuk tampilan Blogger.

    Hanya sjaa setiap pembuat Templete tentu saja memiliki cara mereka masing-asing dalam mebaut templete jadi ada kemungkinan HTML yang muncul sedikit berbda.

  • Fotografi Landscape – Pengertian dan Jenisnya

    Fotografi Landscape – Pengertian dan Jenisnya

    Matamu.Net – Fotografi landscape merupakan salah satu bagian dari pemandangan yang sudut pandangnya memiliki titik penglihatan tersendiri. Sementara itu, pemandangan adalah sebuah poin utama dari foto landscape.

    Perlu diketahui juga bahwa sebagian besar foto landscape adalah foto yang objek seperti manusia dan biantang tidak terlihat. Meski begitu, adapula pula foto landscape yang sekali-kali menampilkan gambar tersebut dengan tampilan yang skala ukurannya cukup kecil.

    Sejumlah fotografer beranggapan bahwa laut, pantai, kota, dan beberapa bangunan yang dibuat oleh manusia sebenarnya tidak dikategorikan sebagai foto landscape. Malahan foto-foto tersebut hanya bisa dikategorikan sebagai hamparan laut maupun kota yang luas membentang.

    Kendati demikian, berdasarkan anggapan dari sejumlah fotografer tersebut dan disesuaikan dengan pengertian dari fotogarfi landscape maka dapat disimpulkan bahwa foto landcape adalah sebuah gambar hamparan atau bentangan alam serta seluruh isinya yang alamiah.

    Mungkin saja dalam foto landscape terdapat pemandangan seperti hiruk-pikuk perkotaan pada garis horizontal maupun terlihat dari kejauhan sebuah rumah petani pada hamparan sawah, dan lain sebagainya.

    A. Tujuan Foto Landscape

    Peran penting dari fotografi adalah memberikan informasi mengenai keindahan dari alam seperti megahnya suatu pegunungan, aliran sungai, sampai dengan matahari terbit semuanya dapat dinikmati melalui fotografi.

    Oleh karena itu, fotografi landscape menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan sehingga dapat melihat indahnya seluruh isi dunia melalui seni hidup. Akan tetapi, untuk mendapatkan tampilan sempurna dari fotografi landscape maka cara yang dapat dilakukan sama sekali tidak terbatas alias bebas. Salah satunya adalah mengetahui teknik yang tepat serta peralatan yang tepat pula.

    1. Menceritakan sebuah kisah

    Dari sebuah foto landscape pasti terdapat makna yang ingin disampaikan oleh sang pemotret dan juga penyimak foto. Malahan apabila foto landscape tersebut memiliki makna yang mendalam maka secara tidak langsung menarik perhatian yang melihatnya serta mendapatkan suatu poin penting daro foto landscape.

    Dengan demikian, menghasilkan dan mendapatkan foto landscape yang bagus maka bisa saja akan mengingatkan kalian pada tempat atau waktu tertentu yang sangat berkesan dari hidup kalian.

    2. Berbagi perasaan dalam suatu kesempatan

    Dengan adanya foto landscape, selain dapat menceritakan sebuah kisah juga dapat sebagai tempat berbagi perasaan yang muncul di waktu yang tepat. Momen yang kalian dapat saat mengambil foto landscape dapat dibagikan dan diperlihatkan kepada orang banyak sehingga momen berharga tersebut juga dapat dirasakan oleh orang lain.

    Hal yang perlu diketahui dari fotografi landscape adalah fotografi landscape bukan termasuk ke dalam foto jurnalis yang semata-mata hanya untuk dokumentasi saja. Akan tetapi, fotografi landscape memiliki makna yang cukup mendalam sesuai dengan tujuan yang telah dipaparkan sebelumnya.

    Dimana fotografi landscape tidak hanya mengambil gambar semata saja terus menganggapnya sebagai fotografi landscape. Namun, untuk mendapatkan foto yang bermakna maka harus menanti sebuah kondisi yang awalnya biasa-biasa saja menjadi sesuatu yang sangat luar biasa.

    B. Tantangan dan Peralatan Fotografi Landscape

    Fotografi landscape dapat diperoleh tiak dengan cara yang mudah. Akan tetapi, terdapat tantangan tersendiri lantaran harus memotret alam luar dan bebas.

    Berbeda dengan memotret ketika di studio yang mendapatkan bantuan seperti suara maupun musik, memotret menggunakan fotografi landscape justru berbeda. Kalian diharapkan kreatif lantaran berada di dunia luar yang alami layaknya seorang pelukis yang mencari ide di alam terbuka.

    Satu lagi tantangan dari fotografi landscape adalah minimnya pencahayaan yang biasanya di studi mendapatkan bantuan cahaya sehingga pada saat melakukan pemotretan detail terbaik didapat.

    Dalam fotografi landscape yang tidak menggunakan pencahayaan tambahan. Dengan fotografi landscape seorang fotografer harus memotret serta menyusun gambar dalam sebuah tampilan yang dinamis sehingga menciptakan sebuah keserasian dalam dua dimensi.

    C. Bentuk-Bentuk Fotografi Landscape

    Fotografi Landscape merupakan salah satu cabang fotografi yang masih bersifat umum. Cabang ini masih bisa dibagi lagi ke dalam beberapa sub cabang seperti berikut ini

    1. Fotografi landscape representasi

    Fotografi representasi merupakan sebuah fotografi yang memiliki makna bahwa apa yang dilihat maka itu pula yang didapatkan. Untuk salah satu bentuk fotografi landscape yang satu ini diketahui fotografer sama sekali tidak melakukan apa-apa.

    Hanya saja, sang fotografer memotret keindahan atau keaslian dari alam dan sekitarnya. Aspek terpenting yang harus diketahui untuk memakai teknik ini adalah cahaya, waktu yang tepat, maupun cuaca harus diperhatikan.

    Bukan hanya itu saja, foto landscape juga dapat membangun sebuah teknik yang berkesan dengan menggunakan penyaring gambar yang lebih lembut sehingga gambar yang dihasilkan dapat menghasilkan efek ilusi yang menarik. Meski begitu, bisa saja gambar yang didapatkan sudah tidak setajam dan sejernih gambar aslinya.

    fotografer memotret keindahan atau keaslian dari alam dan sekitarnya. Aspek terpenting yang harus diketahui untuk memakai teknik ini adalah cahaya, waktu yang tepat, maupun cuaca harus diperhatikan

    2. Fotografi landscape impressi

    Fotografi landscape impressi merupakan sebuah panorama seni yang ditampilkan pada sebuah foto. Untuk fotografi landscape impressi diketahui lebih subjektif sehingga setiap orang yang melihatnya merasakan sesuatu yang berbeda-beda terkait dengan gambar yang dilihat.

    Berbeda dengan fotografi landscape representasi yang memperlihatkan keindahan alama, fotografi landscape inpressi justru memperlihatkan sesuatu yang tidak nyata dan lebih berilusi. Meski begitu, fotografi yang satu ini masih termasuk dalam fotografi landscape lantaran yang ditampilkan masih tetap berfokus pada keindahan alam namun dari sudut pandang yang sedikit berbeda.

    Terlebih untuk makna dari sebuah fotografi landscape sendiri adalah menciptakan sebuah gambar yang lebih bermakna, emosional, dan kreatif. Yang melihat fotografi landscape impressi diharapkan mendapatkan pesan yang ingin disampaikan melalui gambar tersebut.

    Fotografi landscape impressi merupakan sebuah panorama seni yang ditampilkan pada sebuah foto

    3. Fotografi landscape abstrak

    Bentuk fotografi landscape abstrak didapatkan dengan menggunakan beberapa teknik variasi dalam memotret alam. Meski begitu, perlu diketahui bahwa fotografi landscape bukan hanya berfokus pada alam saja.

    Akan tetapi, hal ini juga berkaitan dengan perkotaan yang berisi gedung-gedung pencakar langit. Fotografi landscape abstrak sendiri selalu berkaitan dengan yang namanya pola, bentuk, maupun pandangan menyeluruh yang dipotret secara dekat.

    Beberapa hal yang dibutuhkan oleh seorang fotografer landscape adalah sebuah garis, sudut, bentuk, sampai dengan bangunan-bangunan tinggi agar karya yang dihasilkan lebih menarik selain keindahan alam sendiri.

    Fotografi indah dan keren abstrack

    4. Fotografi landscape pedesaan

    Khusus untuk fotografi landscape pedesaan hasil atau gambar yang diperoleh adalah sebuah pemandangan yang murni alam alias sama sekali tidak ada manusia di dalamnya.

    Namun, walaupun tidak ada objek manusia yang terlihat foto tersebut memiliki makna bahwa sebenarnya ada manusia yang tinggal di dalam foto tersebut. Sebagian besar gambar dari fotografi landscape pedesaan didapatkan di ladang maupun perkebunan yang jauh dari perkotaan.

    jalan aspal keren dan manis indah keren rumput hijau

    5. Fotografi Seascapes

    Fotografi ini biasa disebut sebagai fotografi hamparan laut. Dimana dalam fotografi landscape yang ditampilkan adalah sebuah hamparan laut dan pantai yang luas membentang. Adapun fotografi seascapes yang paling memukau adalah ketika lautan dan daratan bertemu dalam satu foto.

    Long expsoure fotografi keren dan manis

    6. Fotografi landscape urban

    Fotografi ini berfokus pada fotografi pemandangan yang ada di perkotaan. Mulai dari tampilan perkotaan terkait dengan hiruk-pikuk manusia yang ada di dalamnya sampai dengan pemandangan menarik lainnya yang ada di kota. Beberapa fotografi yang masuk ke dalam kategori fotografi landscape urban seperti:

    • Fotografi cityscape, berarti fotografi yang didapatkan melalui keramaian sebuah perkotaan.
    • Fotografi arsitektur, fotografi ini berfokus pada bangunan arsitektur dan juga semua aktifitas yang ada disekitarnya.
    • Fotografi candid street, fotografi ini memperlihatkan sebuah kegiatan manusia yang lebih mengarah kepada interaksinya dengan city landscape.
    Fotografi Landscape City Scape Singapura

    7. Fotografi landscape dokumentasi

    Maksud dari fotografi landscape dokumentasi adalah lebih mengarah kepada lingkungan. Jenis fotografi ini termasuk ke dalam fotografi murni alias tidak ada impresi dari manusia di dalamnya. Fotografi yang satu ini lebih fokus memperlihatkan detail dari alam yang sesungguhnya yang ditampilkan secara landscape. Biasa juga disebut sebagai fotografi alam.

    Akhir Kata
    Nah itu dia sekelumit mengenai Fotografi Landscape dari beberapa pandangan yang diramu oleh tim Matamu.Net

  • Cara Mudah dan Aman Meminjam Uang Online

    Matamu.Net – Sekarang ini kita berada pada era digital yang dimana proses transaksi, pinjam meminjam, dan lain sebagainya kebanyakan dilakukan secara online. Kali ini, kita akan membahas terkait dengan cara mudah untuk meminjam uang secara online.

    Walaupun pinjaman dilakukan secara online ataupun offline keduanya sama-sama memiliki tujuan yang sama. Hanya saja meminjam uang secara online prosesnya cukup praktis dan mudah terlebih setealh era Fintech berkembang dengan pesat.

    Salah satu yang menjadi daya tarik dari pinjaman yang dilakukan secara onlibe adalah lantaran proses pencairannya lebih cepat serta tidak perlu lagi ribet dating ke bank untuk pengurusan berkas dan lain-lain. Berikut adalah cara mudah yang dapat dilakukan untuk meminjam uang secara online.

    Walaupun pinjaman dilakukan secara online ataupun offline keduanya sama-sama memiliki tujuan yang sama. Hanya saja meminjam uang secara online prosesnya cukup praktis dan mudah.

    Bandingkan beberapa penyedia pinjaman

    Hal yang pertama dilakukan adalah pastinya mengunjungi website pinjaman online dan memilih penyedia pinjaman online yang terpercaya dan aman. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman online pada jasa penyedia teliti dengan baik ketentuan dan prosedur yang diberikan.

    Mengapa harus dibandingkan? Karena tak jarang setiap penyedia jasa pinjaman online memberikan sistem yang berbeda-beda mulai dari limit sampai dengan bunga yang diberikan. Meski begitu selalu berpatokan pada ketetapan bunga yang dikeluarkan oleh OJK yaitu tidak lebih dari 1% per hari. Selain itu, pilihlah jasa pinjaman online yang diawasi oleh OJK.

    Pilih dan ajukan pinjaman sesuai petunjuk

    Selanjutnya apabila telah menetukan penyedia pinjaman online yang sesuai, maka langkah berikutnya adalah mengajukan pinjaman melalui website. Pada website ada beberapa kolom yang wajib diisi sesuai dengan petunjuk. Mulai dari nomor telepon serta alamat email sehingga petugas penyedia pinjaman online dapat dengan mudah menghubungi peminjam.

    Pihak petugas akan menghubungi nasabah atau peminjam

    Apabila telah selesai mengisi data maka selanjutnya sisa menunggu petugas menghubungi nasabah dengan tujuan memastikan serta mengkonfirmasi data-data seperti nomor KTP, pekerjaan, sampai dengan penghasilan.

    Selanjutnya hasil tersebut akan dikirimkan kepada bank ataupun provider pinjaman online untuk dijadikan sebagai pertimbangan persetujuan. Disarankan nomor telepon selalu aktif pada saat jam kerja (jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore).

    Pihak penyedia pinjaman akan mengirim SMS

    Berikutnya apabila data yang sebelumnya telah dikirimkan kepada bank atau provider telah diterima maka secara langsung nasabah akan menerima SMS maupun e-mail. Pesan tersebut berupa notifikasi atau pemeberitahuan bahwa data kalian telah diterima.

    Langkah berikutnya adalah tinggal menunggu persetujuan dari penyedia pinjaman online. Apabila provider menggunakan aplikasi maka tak jarang mereka akan mengirimkan link yang dapat diakses secara langsung untuk konfirmasi pinjaman.

    Verifikasi Fisik

    Meskipun prosedurnya dilakukan secara online, akan tetapi untuk urusan tanda tangan perjanjian maka petugas dari penyedia pinjaman online akan dating secara langsung menemui nasabah. Hal tersebut bertujuan agar kedua belah pihak yaitu penyedia jasa dan peminjam dapat mempunyai kekuatan hukum apabila sewaktu-waktu ada masalah.

    Dana akan dicairkan

    Apabila semua proses dan prosedur telah selesai maka tak perlu waktu lama dana atau pinjaman akan segera dicairkan. Selalu perhatian biaya-biaya administrasi yang perlu dibayar karena dana yang akan masuk ke rekening adalah jumlah pinjaman dikurangi dengan biaya administrasi lainnya.

    Itulah cara mudah yang dapat dilakukan untuk meminjam uang secara online. Semoga membantu dan selamat mencoba.

  • Tugas OJK Dalam Pengawasan Financial Technology – Fintech

    Matamu.Net – Secara umum Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki tugas yaitu melakukan pengawasan serta penyelenggaraan yang berkaitan dengan jasa keuangan pada sector perbankan, pasar modal, dan juga IKNB. Kendati demikian, masing-masing sector keuangan tersebut diketahui bergerak pada seraingakan tugas dan fungsi yang hamper sama.

    Terkait dengan rincian tugas dari OJK beberapa berfungsi untuk menyusun peraturan, pembinaan, pengawasan, penegakan hukum yang secara keseluruhan telah dibuat sebelumnya. Sementara itu, terkait dengan terdapatnya tugas lain selain yang disebutkan, hal tersebut biasanya tergantung dari Dewan Komisioner OJK.

    OJK juga diketahui telah mengeluarkan sebuah peraturan OJK No. 13/POJK.02/2018 yang berisi tentang inovasi keuangan digital pada sector jasa keuangan yang dimana termasuk dalam ketentuan memayungi pengawasan dan penagturan industri financial technology (fintech).

    Bukan tanpa alasan peraturan tersebut dikeluarkan. Pihak OJK mengungkapkan bahwa seiring dengan berkembangnya teknologi pada industri keuangan digital maka semakin perlunya pengelolaan sehingga manfaat dapat dirasakan oleh masyarakat atau pengguna fintech.

    Tak hanya itu, peraturan baru yang dikeluarkan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mendukung pelayanan pada jasa keuangan sehingga memperoleh sebuah inovasi keuangan yang inovatif, cepat, aman, murah, mudah, serta yang paling penting adalah perlindungan konsumen dalam menggunakan layanan jasa keuangan.

     Secara umum Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki tugas yaitu melakukan pengawasan serta penyelenggaraan yang berkaitan dengan jasa keuangan pada sector perbankan

    Oleh karena itu, terdapat beberapa pokok-pokok dari pengaturan Inovasi Keuangan Digital (IKD) seperti berikut ini:

    A. Mekanisme Pencatatan dan Pendaftaran Fintech

    Untuk setiap penyelenggara dari IKD baik itu dari perusahaan starup sampai dengan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) pastinya akan melewati sebanyak tiga tahap hingga akhirnya dapat mengajukan yang namanya permohonan perizinan. Tahap tersebut adalah

    1. Untuk perusahaan starup maka percatatan permohonan diproses secara otomatis oleh OJK. Sementara itu, untuk LJK pencatatan permohonan akan dilakukan dengan mengajukan sandbox kepada pengawas pada masing-masing bidang, yaitu bidang perbankan, bidang pasar modal, serta bidang IKNB.
    2. Proses pengurusan regulatory sandbox diketahui maksimal selama satu tahun lamanya. Apabila belum selesai, maka prosesnya dapat diperpanjang selama enam bulan.
    3. Selanjutnya barulah dilakukan pendaftaran maupun perizinan pada OJK.

    B. Mekanisme Pemantauan dan Pengawasan Fintech

    Selanjutnya adalah pihak OJK akan menentukan terkait dengan penyelenggara IKD dan siapa saja yang dapat ikut dalam proses regulatory sandbox. Produk dari uji coba regulatory sandbox yang wajib ikut ditentukan dengan status seperti:

    1. Direkomendasikan.
    2. Perbaikan
    3. Tidak direkomendasikan.

    Apabila penyelenggara dari IKD mendapatkan regulatory sandbox dengan status direkomendasikan maka pihak penyelenggara bisa mengajukan permohonan perdaftaran pada OJK.

    Dengan begitu, pihak penyelenggara IKD nantinya akan diminta untuk membuat sebuah self assessment yang berkaitan dengan pemantauan serta pengawasan yang berisi mulai dari aspek tata kelola sampai dengan mitigasi risiko. Sementara itu, untuk jangka menengah pihak OJK bisa memilih pihak lain misalnya Asosiasi Penyelenggara IKD yang diakui oleh OJK.

    3. Pembentukan Ekosistem Fintech

    Lembaga Jasa Keuangan yang sudah mendapatkan izin sekaligus telah terdaftar di OJK maka sangat dilarang untuk melakukan kerja sama dengan Penyelenggara IKD yang belum terdaftar di OJK. Hal tersebut bertujuan agar pengelolaan keuangan dapat terjaga.

    4. Membangun Budaya Inovasi

    Dengan dibentuknya sebuah Pusat Inovasi Keuangan Digital atau biasa disebut sebagai Fintech Center maka pihak OJK berharap agar pengembangan sarana kominikasi, koordinasi, serta kolaboorasi antara otoritas dan pelaku IKD dapat bersatu untuk membangun sebuah inovasi.

    5. Inklusi dan Literasi

    Untuk meningkatkan inklusi dan literasi maka pihak Penyelenggara IKD harus melaksanakan sebuah kegiatan.