Apa Saja Perbedaan Aplikasi Telegram dan Telegram X?

1 min read

desain telegram

Matamu.NET – Telegram adalah aplikasi pesan instan untuk mengirim pesan berupa teks, video, dan dokumen. Aplikasi ini pertama kali dibuat oleh dua bersaudara yakni Nikolai dan Pavel Durov.

Sebagai aplikasi pesan instan yang mirip dengan aplikasi WhatsApp, Telegram juga dapat melakukan panggilan suara, video call, dan fitur lainnya.

Telegram juga memungkinkan pengguna untuk dapat membuat sebuah grup dengan kapasitas anggota maksimal 200.000 orang. Selain itu, perlu diketahui bahwa Telegram memiliki versi lain yakni Telegram X. Versi Telegram X ini sudah ada di Google Play Store sejak tahun 2015.

Telegram X adalah aplikasi Telegram yang terpisah dari aplikasi utama. Aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih ringan, hemat baterai serta memiliki animasi yang lebih halus.

Baca Juga Kelebihan Fitur Multi-Advice WhatsApp versi Beta

Selanjutnya, Matamu.NET telah merangkum 5 perbedaan antara aplikasi Telegram dengan Telegram X. Silahkan simak ulasannya di bawah ini:

1. Ukuran Aplikasi

Perbedaan pertama dari kedua aplikasi ini, ada pada ukuran aplikasinya. Telegram memiliki ukuran aplikasi yang lebih besar jika dibandingkan telegram x yang memiliki ukuran aplikasi hanya 19 MB.

Jadi sebuah keunggulan bagi versi telegram x yang memiliki ukuran lebih ringan dibandingkan aplikasi utamanya.

2. Pilihan Bahasa

Bagi kamu yang sebelumnya telah menggunakan telegram mungkin sudah terbiasa dengan pilihan opsi bahasa indonesia yang telah di sediakan oleh pihak aplikasi tersebut.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa versi telegram x tidak menyediakan opsi bahasa indonesia. Aplikasi ini hanya menyediakan beberapa bahasa lain seperti bahasa inggris, jerman, melayu, portugis, dan prancis.

Jadi kami menyarankan buat kamu yang tidak terbiasa menggunakan opsi bahasa lain selain bahasa indonesia, untuk menggunakan aplikasi telegram utama.

3. Tampilan Chat Bebas Bubble

Tampilan telegram x tidak menggunakan bubble sehingga terkesan baru bagi dunia per-chattingan. Hampir semua aplikasi chat memiliki bubble chat. Sehingga tampilan flat seperti ini tentu terkesan elegan dan baru.

4. Dapat membaca pesan tanpa membukanya

Telegam x ini mempermudah kamu dengan fitur ini, kamu dapat membaca pesan hanya dengan menekan lama pada pesan yang ingin di baca dan kemudian isi pesan tersebut otomatis akan muncul.

Baca Juga DisCas – Aplikasi Tanah Air Hadir di Dunia Metaverse

5. Tampilan Interface

Adapun perbedaan lain dari kedua aplikasi ini yakni tampilan interface yang sedikit berbeda, baik dari tampilan dual tab, hamburger menu, dan juga tema.

Untuk hal ini, aplikasi telegram x lebih unggul dan menarik di bandingkan telegram utama.

Sekian ulasan mengenai perbedaan telegram dan telegram x. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.