Apa Pengertian OS Smartphone dan Sejarah Perkembangnya

1 min read

Sistem Oeprasi pada Smartphone

Matamu.NETOperatyng System (OS) Smartphone (Bahasa Indonesia : Sistem Operasi) kadang juga disebut sebagai Mobile OS adalah sistem operasi yang dirancang untuk Smartphone, Tablet, Smartwatch, dan perangkat Gadget pintar lainnya. Meskipun Laptop termasuk pada perangkat Mobileyang bisa dibawa kemana-mana, namun Sistem operasi yang digunakan pada umumnya dirancang untuk sistem operasi Computer Dekstop. Beberapa sistem Operasi mungkin dirancang Hybrid yakni bisa digunakan untuk perangkat Dekstop maupun mobile seperti Mac OS Bigsure yang dikembangkan Apple.

Ciri utama dari OS Smartphone adalah kombinasi atara fitur dari Dekstop dengan UI yang digunakan melalui layar kecil. Pada akhir decade ini, OS Smarpthone dikembangkan dengan sistem UI utama mengadopsi sistem touchscreen terutama konsep Gengam. OS Smartphone juga bekerja dengan sistem Wireless inbulit dan SIM Tray yang dapat menangkap Gelombang Radio berdarkan jenisnya seperti 3G, 4G, dan 5G.

Saat ini, 86,2 % OS smartphone di seluruh dunia menggunakan OS Andorid, 12,9 % menggunakan iOS dan sisanya seperti Bada, Blackberrry dan Microsoft Windows.

Sejarah Pengembangan OS Samrtphone

OS Mobile pertama kali dikembangkan pada tahun 1973 dan OS pertama dirilis pada tahun 1993 yang diberi nama Embedded System yang dikeluarkan oleh IBM. Tag name-nya adalah IBM Simon. Sistem ini memiliki prinsip kerja menyatukan kinerja Perangkat Hardware dan Sofware pada satu papan perangkat utama yang lebih ringkas.

Awalnya output dari Os tidak hanya berupa sistem kelola data dan grafik tapi juga sistem mekanik. Seperti output untuk kinerja mekanik. OS ini masih terus berkembang saat ini dengan Chipset yang diberi nama Microcontorler, namun pengembangan sudah terpisah dengan OS Smartphone yang lebih ke UI pegunnaan perangkan pribadi.

IBM Simon petama keluar pada tahun 1993 berfungsi melayani fitur layar Sentuh pada Personal Digital Asisten (PDA) untuk membuka email dan juga layanan standar seperti alarm, catatan, Jam digital dan kalender digital. Tahun 1996, OS Palm Pilot 1000 dlilucuncurkan dan diberi tag name Palm OS. Pada tahun yang sama Microsoft mengeluarkan PC Handled pertama yang diberi naam OS Windows CE. Fitus utama dari Windows ini adalah melayani fiutr layar sentuh.

Tahun 2000, raksasa perusahaan telekomunikas Inggris, Erikson mengeluarkan OS Symbian yang dipekernalkan melalui Ericsson R380. Symbian kemudian digunakan dan dikembangkan oleh perusahaan telekominukiasi dari Finlandia, Nokia dan sempat menguasai 98 % pasar OS Samrtphone di seluruh dunia.

Ericsson R380 samprtphne pengguna OS Symbian

Tahun 2002, Micsosoft lagi-lagi memperkenalkan OS Mobile dengan nama Windows CE (Pockect PC) namun kalah bersaing dengan OS Blackberry dari RIMS yang dikeluarkan pada tahun 2002. Symbian OS juga masih menguasai pasar sehingga Windows CE sulit berkembang.

Tahun 2007, Steve Jobs memperkenalkan OS pertama untuk Smarpthone mereka yang diberi napa iOS yang dirilis ke iPhone. Tipe OS closed source yang mengutamakan sisi kenyamanan pengguna awam gadget. Satu tahun berikut OHA, organisasi yang didirikan oleh Google mengeluarkan OS Android 1.0 yang dirirlis di HTC Dream (T-Mobile G1). Saat ini Andorid yang dibuat google sudah menguasai lebih dari 80 % pasar ponsel dunia dengan pesaing terdekatnya iOS yang menguasai 12,9 %.

Boikot Amerika ke China di pasar dunia membuat Huawei sebagai raksasa telekomunikasi China diembargo menggunakan produk Amerika termasuk Andorid. Hal ini membuat Huawei mengembangkan proyek yang mereka sudah mulai pada tahun 2012 yakni OS Hongmeng yang kini diberi nama OS Harmony

Jenis-Jenis OS

  1. Android OS (Open Source, Apache) berbasis Linux
  2. iOS (closed Source Proprietary) berbasis Unix sama dengan Linux namun close source
  3. Windows Mobile (closed Source Proprietary) dikembangkan oleh Microsoft
  4. Blackberry (closed Source Proprietary) dikembangkan oleh RIM
  5. Harmony (open source) dikembangkan oleh Huawei
  6. Bada (Closed Source) dikembangkan oleh Samsung
  7. Symbian (open public lincese) dikembangkan oleh Symbian LTD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *