Apa Itu Dividen Saham?

2 min read

Pengertian Dividen Perusahaan

Matamu.NET – Dividen adalah pembagian keutungan bersih perusahan kepada semua pemegang saham (Shareholders). Proporsi dan besar dividennya diatur dan disepakati pada rapat para pemegang saham yang biasanya diselenggerakan antara direktur, komisaris dan pemegang saham perusahaan.

Secara umum, pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen adalah mereka yang memegang kepemilikan sebuah saham sebelum tanggal ex-dividen. Hal ini membuat mereka yang menjual saham setelah tanggal ex-dividen akan tetap berhak mendapatkan pembayaran dividen sekalipun sudah tidak memiliki saham tersebut pada tanggal pembayaran.

A. Memahami Konsep Dividen

Pembagian Dividen harus dilakukan melalui persertujuan rapat pada pemegang saham, sebagaimana disebutkan sebelumnya rapat ini dihadiri oleh direksi, komisaris dan pemegang saham. Persetujuan dilakuakn dengan cara diskusi dan voting pada bagian akhir dimana setiap orang akan memiliki jumlah suara proposioanl dengan jumlah saham yang dipegang.

Jadi meskipun jumlah saham kita hanya satu lembar, maka suara kita tetap dihitung dalam pengambilan keputusan apakah keuntungan akan dibagikan dalam bentuk dividen akan dibagikan atau tidak.

Mayoritas perusahaan membagikan Dividen dalam bentuk uang cash yang dimasukkan ke rekening efek, namun uang bukanlah satu-satunya bentuk dividen yang bisa dibagikan. Beberapa perusahaan juga membagikan dividen dalam bentuk lain seperti :

  1. Saham
  2. exchange-traded funds (ETFs)
  3. bentuk property lain.

1. Pembagian Dividen

Konsep pembagian dilakukan setelah proporsi keuntungan yang akan dibagikan dalam bentuk disetujui, setelah itu total dari jumlah tersebut dibagi ke jumlah saham yang dikeluarkan. Mudahnya seperi ini

Misalkan perusahaan A mendapatkan keuntungan tahun ini sebesar 200 Milliar. Rapat Pemegang saham sepakat untuk melakukan pembagian dividen hanya 60 % atau sekitar 120 Milliar dengan jumlah saham yang dikeluarkan baik di publik dan modal utama sebanyak 30.000.000 lembar. Dengan demikian maka setiap lembar saham akan mendapatkan uang senilai

Div : Rp. 120.000.000.000 / 30.000.000 = Rp. 4000 / lembar

dengan demikian jika seseorang memiliki 10 lot saham di perusahaan tersebut maka ia berhak mendapatkan dividen sebesar :

Total Div : Rp. 4.000 x 10 Lot x 100 lembar = Rupiah 4.000.000

2. Contoh Pembayaran Dividen BBCA tahun 2022

Cuplikan email pemberatahuan jumlah pembayaran Dividen Bank Central Asia (BBCA)

Email Pemberitahan Jumlah Dividen dari BBCA


Isi email pemberiatahuan proses pembeyaran Dividen

Pembagian Dividen Saham BBCA (1)

3. Dividen Yield

Setiap negara memilik aturan satuan terkecil yang boleh di perdagangkan di pasar saham. Di Indonesia, satuan terkceil dari kepemilikan saham di nyatakan dalam 1 lot yang berisi 100 lembar saham. Di pasar Modal Wallstreet Amerika, Saham perusahaan bisa di beli dalam satua fraksi atau per part.

Misalkan satu lembar saham A berharga 100 $ namun uang kita cuman 10 $, maka kita tetap bisa memiliki sama A sebanyak 0,1 lembar.

Lantas bagimana cara menghitung deviden jika saham kita tidak cukup 1 lembar?

Cara menghitungnya sederhana cukup dengan menghitung total kepemilikan saham kita dengan Dividen Yield.

Contoh kasus

Saham perusahaan A memiliki harga satuan 100 $ per lembar dengan Dividen Yield Tahunan 3 %. Jika kamu memiliki total saham di perusahaan tersebut sabanyak 30 $ maka kamu akan berhak atas dividen sebesar :

Total Div : 30$ x 3% = 0,9$

B. Tanggal Penting

Sebagaimana yang dijelaskan kamu akan tetap mendapatkan dividen pada perusahaan yang mungkin saja sudah kamu jual jika kamu menjualnya setelah tanggal pencatatan. Aga rlebih detail berikut ini adalah beberapa tanggal penting yang harus anda ketahui

  1. Tanggal Pengumuman : Tanggal pengumuman hasil rapat Pemegang saham yang isinya terkait dengan tanggal dan besaran pembagian dividen
  2. Ex Dividen : Tanggal berlakunya keputusan id pemegang saham yang berhak mendapatkan Dividen. Mudahnya kita misalkan ex dividen perusahaan A adalah 5 mei, maka siapa saja yang membeli saham dan memegang saham sampai pada penutupan pasar pada tanggal 5 mei akan mendapatkan hak dividen. Jika dijual pada tanggal 6 Mei, maka pemegang saham tetap memiliki hak mendapatkan dividen.
  3. Tanggal Pencatatan (Recording Date) : Tanggal pencatatan ID pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen, biasanya akan sama dengan Ex Dividen.
  4. Payment Date (Tangga Pembayaran) : Tanggal Dividen dibagikan ke rekenin ID pemgangan saha yang dicata pada Recording date.

FaQ

Q : Apakah semua perusahaan membagikan dividen?
A : Tidak, hal ini bergantung dari kebijakan perusahaan dan Rapar Pemegang Saham. Bahkan ada perusahan yang membagikan Dividen tidak tiap tahun.

Q : Perusahaan apa yang paling banyak membagikan Dividen?
A : Wah ini susah juga dipastkan karena setiap perusahaan akan melakukan rapat tahunan, namun ada kelompok saham yang disebut Dividen Aristocrat. Perusahaan ini terkenal banyak membagikan dividen kepada StockHolder mereka seperti Coca Cola, Apple, ITMG, BBCA dan kebanyakan perusahaan Ber Plat merah.

Q : Kalau perusahaan itu tidak membagikan Dividen, bagaiman cara saya dapat untung?
A : Bisa dengan berharap pada Gain Capital atau naiknya nilai emiten. Misalnya anda beli saham A di harga 100 sebanyak 1 lot, 2 bulan kemudian nilainysahamnya naik 200 lot, maka totla dana kamu sekarnag sudah dua kali lipat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.