Contoh Surat Mengundurkan Diri dari PPPK BPK

1 min read

Contoh Surat Pengunduran Diri PPPK BPK

Matamu.NET – Mengundurkan diri dari posisi sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) merupakan keputusan besar, keputusan ini biasanya dipertimbangkan dengan matang, mengingat tanggung jawab dan peran penting yang dimiliki seorang PPPK. Namun, dalam situasi tertentu, pengunduran diri mungkin menjadi pilihan terbaik bagi beberapa orang. Untuk itu Matamu.NET akan membahas contoh surat mengundurkan diri dari PPPK.

Beberapa Alasan Mengapa Seorang PPPK Mengundurkan Diri

1. Masalah kesehatan

Poin ini menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi seseorang PPPK untuk bekerja,Penyakit yang berkepanjangan atau kondisi kesehatan yang memerlukan perawatan intensif dapat membuat seorang tidak mampu menjalankan tugasnya dengan optimal. Misalnya, gangguan kesehatan yang mengharuskan istirahat berkepanjangan atau perawatan medis yang intensif dapat mengurangi efektivitas dalam mengajar dan berinteraksi dengan siswa. Dalam situasi seperti ini, meskipun keputusan untuk mengundurkan diri mungkin sulit, kesehatan harus tetap menjadi prioritas utama. Pengunduran diri memungkinkan seseorang untuk fokus pada pemulihan dan menjaga kualitas hidup yang lebih baik.

2. Alasan keluarga

Keluarga sering kali menjadi prioritas utama dalam kehidupan seseorang, termasuk seorang guru. Tuntutan keluarga yang mendesak, seperti adanya perpindahan domisili karena pekerjaan pasangan atau kebutuhan untuk merawat anggota keluarga yang sakit, bisa menjadi alasan kuat untuk seseorang memutuskan mengundurkan diri dari pekerjaan.

3. Adanya peluang karir lebih menjanjikan

Ada kalanya seorang merasa bahwa karir lain lebih sesuai dengan minat, bakat, atau aspirasi jangka panjangnya. Misalnya, seorang guru yang memiliki minat besar dalam penulisan atau penelitian mungkin menemukan peluang karir di bidang tersebut yang lebih memuaskan atau menjanjikan. Selain itu, kesempatan untuk pindah ke posisi yang menawarkan perkembangan profesional yang lebih baik, seperti jabatan administratif, pengembangan kurikulum, atau bahkan beralih ke sektor pendidikan non-formal, bisa menjadi alasan yang kuat untuk mengundurkan diri.

Baca Juga Contoh Surat Rekomendasi Kerja Beserta Format dan Manfaatnya

Contoh Surat Pengunduran PPPK Sesuai Format

Makassar, 21 Agustus 2023

Hal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth.
Sekretaris Jenderal BPK RI
Cq. Kepala Biro Sumber Daya Manusia
Di Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama 1                                     : Amran Diantara
Nomor Peserta Ujian               : 283425266422
Jenis Kelamin 3                            : Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir 2         : Makassar, 21 Juni 1995
Agama                                      : Islam
Pendidikan/Jurusan               : Sistem Informasi
Alamat 4                                   : Jl. A. Tonro Makassar
Nomor HP                                : 0812131231331
Email                                         : Amran123@gmail.com

Dengan ini mengajukan pengunduran diri dari Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Lingkungan Badan Pemerksa Keuangan Republik Indonesia Formasi Tahun 2023 untuk formasi jabatan Arsiparis Ahli Pertama.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

( Amran Diantara)

Mengundurkan diri dari jabatan sebagai Guru PPPK adalah keputusan yang tidak mudah dan harus dipertimbangkan dengan matang. Surat pengunduran diri harus disusun dengan baik dan disampaikan secara resmi kepada pihak yang berwenang. Dengan mengikuti format dan etika yang tepat, proses pengunduran diri dapat dilakukan dengan lancar, menjaga hubungan baik dengan instansi dan rekan kerja. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *